KLASEMEN
Group
Team Play Poin
FRA 3 7
SUI 3 5
ALB 3 3
ROU 3 1
Team Play Poin
WAL 3 6
ENG 3 5
SVK 3 4
RUS 3 1
Team Play Poin
GER 3 7
POL 3 7
NIR 3 3
UKR 3 0
Team Play Poin
CRO 3 7
ESP 3 6
TUR 3 3
CZE 3 1
Team Play Poin
BEL 3 6
ITA 3 6
IRL 3 4
SWE 3 1
Team Play Poin
HUN 3 5
ISL 3 5
POR 3 3
AUT 3 1

Horeee...Fans Rep. Irlandia Bakal Dapat Penghargaan

Horeee Fans Rep Irlandia Bakal Dapat Penghargaan
Fans Republik Irlandia bisa dibilang jadi 'artis' selama di gelaran Piala Eropa 2016 berlangsung di Prancis. Walikota Paris Anne Hidalgo berencana memberinya penghargaan medali kepada mereka. | REUTERS/Jason Cairnduff

PARIS - Sikap positif pendukung kesebelasan Republik Irlandia selama Piala Eropa 2016 berbuah manis. Walikota Anne Hidalgo berencana memberi penghargaan berupa medali.

Selama gelaran Piala Eropa 2016, sosok suporter bisa diibaratkan sebagai momok menakutkan. Maklum, pembukaan pesta sepak bola antar-negara Benua Biru diwarnai insiden kericuhan antara pendukung Rusia dan Inggris.

Bahkan kejadian tersebut berlangsung selama tiga hari yang membuat beberapa kota di Prancis berantakan. Pengamanan superketat pun digalang kepolisian setempat untuk menghalau dua kubu pendukung timnas berada di satu lokasi.

Namun dari banyaknya suporter yang terlibat keributan, tetap ada kelompok yang berperilaku positif. Sebut saja fans Republik Irlandia yang bisa dibilang jadi 'artis' selama di Prancis.

Ya, beberapa kali pendukung kesebelasan yang identik dengan warna putih-hijau-orange itu justru menebar sikap positif. Mulai dari membantu kakek tua mengganti ban di jalan, menenangkan bayi di kereta, hingga berjoget bersama aparat keamanan. (Baca Juga: Ketika Suporter Irlandia Susah Payah Bikin Bayi Tidur)

Sikap tersebut akhirnya berbuah manis. Seperti diberitakan ESPN, Rabu (29/6/2016), walikota Anne Hidalgo bakal memberi pendukung Robbie Keane cs penghargaan berupa medali secara langsung.

Alasannya, pendukung Republik Irlandia dianggap jadi contoh teladan bersikap sportivitas di gelaran turnamen Piala eropa. Selain tentunya sikap mereka selalu positif, suporter tersebut dinilai tahu betul bagaimana menikmati turnamen sepak bola.

Hidalgo sudah menulis surat kepada Presiden Irlandia Michael D. Higgins soal penghargaan ini. Namun belum jelas soal upacara penghargaan akan disampaikan, apakah akan diberikan kepada duta besar Irlandia atau perwakilan pendukung Irlandia.

Hal tersebut akan diumumkan di kemudian hari. Yang jelas, suporter Republik Irlandia bakal dapat penghargaan Medali Kota Paris yang sudah diberikan sejak 1911 kepada siapapun yang sudah melakukan "tindakan luar biasa" di Paris.

Meski Republik Irlandia sudah tersingkir usai digebuk Prancis di babak 16 besar, penghargaan ini bisa dibilang sebagai prestasi terbaik. Negara bagian Britania Raya itu sudah sepatutnya berbangga hati, kan.

(sbn)
dibaca 1.621x