KLASEMEN
Group
Team Play Poin
FRA 3 7
SUI 3 5
ALB 3 3
ROU 3 1
Team Play Poin
WAL 3 6
ENG 3 5
SVK 3 4
RUS 3 1
Team Play Poin
GER 3 7
POL 3 7
NIR 3 3
UKR 3 0
Team Play Poin
CRO 3 7
ESP 3 6
TUR 3 3
CZE 3 1
Team Play Poin
BEL 3 6
ITA 3 6
IRL 3 4
SWE 3 1
Team Play Poin
HUN 3 5
ISL 3 5
POR 3 3
AUT 3 1

Bonne Mere, Patung Pelindung Kota Marseille

Bonne Mere Patung Pelindung Kota Marseille
Marseille menjadi kota yang menggelar semifinal Piala Eropa 2016 antara Prancis vs Jerman, Jumat (8/7/2016) dini hari WIB / Istimewa

MARSEILLE - Bonne Mere, Good Mother, ibu yang baik. Itulah nama patung 11 meter bunda Maria yang sedang menggendong bayi Yesus, di Notre Dame dela Garde, katredal termegah di tengah tengah Marseille, Prancis Selatan.

Bonne Merre ini dipercaya warga Marseille, sebagai pelindung spiritual kota pelabuhan ini. Tidak terkecuali untuk turis. Karena ketinggiannya, juga gemerlap balutan emas, Bonne Mere ini bisa dijadikan panduan geografis, dimana kita berada di Marseille.

Setidaknya, setiap turis yang kesini, dibisikin karyawan hotel agar menghindari jalan jalan tertentu. Dan semua jalan itu biasanya berada di Marseille Utara.

Bonne Mere pun, kerap dijadikan guyonan hanya melindungi bagian Marseille  Selatan, Timur dan Barat. Kawasan utara, seperti tak tersentuh kuasa Bonne Mere.

"Tampaknya memang seperti itu," kata Sandra, warga setempat ketika dihubungi SINDO.

Guyonan atau serius, tak begitu jelas. Yang pasti, jika ke bagian utara, sebaiknya lebih hati hati. "Tidak terkecuali ke kampung halaman Zinedine Yaziid Zidane," imbuh Sandra. Tak usah berpakaian perlente, jam tangan berharga juga sebaiknya disimpan di hotel. "Resikonya lumayan," katanya.

Marseille, kota pelabuhan yang akan menjadi ajang semi final antara Jerman melawan Prancis, memang dikenal sebagai kota paling tak aman di Perancis. Semboya Elodi, jika diteruskan, bisa berbunyi seperti ini. Paris adalah kepala, pusat pemerintahan, Lyon itu perutnya, pusat kuliner, dan Marseille adalah kakinya. "Pusat kejahatan," kata Elodi.

TF1, saluran televisi nasional Prancis, sering diawali dengan headline dari Marseille. "Apalagi kalau bukan soal kriminalitas yang tinggi," tukasnya.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 840 ribuan, Marseille merupakan kota kedua terbesar Prancis, setelah Paris. Penganggurannya tinggi, sekitar 27%. Bahkan, penganggur kalangan anak muda, mencapai 50%. Bandingkan dengan Swiss yang penganggurannya hanya 4%.

Marseiile, karena sering masuk televis karena berita pertarungan antar geng narkoba, juga dijuluki The Little Chicago atau Napoli Kedua.

Zinedine Zidane tumbuh besar di kawasan yang bernama la Castelane, Mersaille bagian utara. Untuk menghindari pergaulan dengan lingkungan yang kurang baik, Zidane memilih bermain sepak bola di lorong kota itu.

Sayang, setahun silam, bekas rumah keluarga Zidane, diratakan dengan tanah. Akan digantikan banguan apartemen baru. Kedua orang tua pemain nasional Prancis legendaris ini, kini menetap di Cannes.

Selanjutnya...
Halaman 1 dari 2

dibaca 1.951x