KLASEMEN
Group
Team Play Poin
FRA 3 7
SUI 3 5
ALB 3 3
ROU 3 1
Team Play Poin
WAL 3 6
ENG 3 5
SVK 3 4
RUS 3 1
Team Play Poin
GER 3 7
POL 3 7
NIR 3 3
UKR 3 0
Team Play Poin
CRO 3 7
ESP 3 6
TUR 3 3
CZE 3 1
Team Play Poin
BEL 3 6
ITA 3 6
IRL 3 4
SWE 3 1
Team Play Poin
HUN 3 5
ISL 3 5
POR 3 3
AUT 3 1

Preview Jerman vs Prancis: Ujian Nyata Les Bleus

Preview Jerman vs Prancis Ujian Nyata Les Bleus
Prancis menghadapi ujian nyata saat menghadapi Jerman di semifinal Piala Eropa, Jumat (8/7/2016) dini hari WIB / Sindonews/Evan

MARSEILLE - Prancis menghadapi ujian nyata saat menghadapi Jerman di semifinal Piala Eropa, Jumat (8/7/2016) dini hari WIB. Sejak melakoni putaran final, laga kontra Jerman nanti bisa dibilang yang paling krusial.

Sejak fase penyisihan grup hingga ke perempat final, Prancis 'hanya' menghadapi lawan dengan level permainan yang relatif berada di bawah mereka. Di fase grup, Les Bleus menghadapi Rumania, Albania dan Swiss. Sementara di babak knock out, mereka melawan Republik Irlandia (16 besar) dan Islandia (perempat final).

Lain hal dengan Jerman. Berbekal predikat juara dunia 2014, tim asuhan Joachim Loew melaju ke semifinal setelah mengalahakan Slovakia (16 besar) dan Italia di perempat final. Jerman, oleh sebagian orang dianggap tampil lebih meyakinkan.

Untuk menjawab keraguan tersebut, Prancis cuma punya satu cara yakni memenangkan tiket final dari Jerman di Stade Velodorome, di Kota Marseille, dini hari nanti. Terlebih, anak asuh Didier Deschamps menyandang predikat tuan rumah.

Ada tiga hal yang seharusnya membuat Prancis percaya diri menghadapi Jerman. Pertama, mereka tampil di depan publik sendiri. Kedua, Prancis memetik kemenangan besar di laga teranyar kontra Islandia, dan yang ketiga adalah masalah absensi pemain yang membekap Jerman.

Laporan terkini menyebut Jerman minus tiga pemain saat menghadapi Prancis di semifinal. Sami Khedira dan Mario Gomez masih dibekap cedera, sementara Mats Hummels harus absen menyusul akumulasi kartu kuning.

Sebaliknya, Prancis bisa turun dengan kekuatan penuh di laga krusial ini. Deschamps juga punya beberapa pilihan untuk meramu skuat, dengan kembalinya Adil Rami dan N'Golo Kante pasca-hukuman larangan bermain.

Prakiraan susunan pemain kedua tim:

Jerman (4-2-3-1): Neuer, Kimmich, Boateng, Howedes, Hector, Can, Kroos, Draxler, Ozil, Gotze, Muller

Prancis (4-2-4-2): Lloris, Sagna, Rami, Koscielny, Evra, Matuidi, Kante, Pogba, Griezmann, Giroud, Payet

Fakta menarik kedua tim,

- Prancis tidak pernah sukses meraih clean sheet di empat pertemuan terakhir melawan Jerman di putaran final turnamen besar.
- Pertandingan ini akan menjadi pertemuan kelima antara Jerman dan Prancis di turnamen besar, setelah Prancis memenangkan pertemuan perdana mereka di Piala Eropa 1958 dengan skor 6-3, sementara Jerman menang di tiga pertemuan berikutnya.
- Jerman sukses masuk semifinal di enam turnamen besar terakhir yang mereka ikuti (Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016) atau rekor terbaik yang pernah dicatat tim Eropa.
- Prancis masuk semifinal turnamen besar pertama mereka sejak Piala Dunia 2006. Dan mereka selalu sukses lolos ke final di tiga kesempatan terakhir mereka bermain empat besar, di mana kegagalan terakhir tim di semifinal terjadi ketika Les Bleus kalah dari Cekoslovakia di Piala Eropa 1996.

(bbk)
dibaca 7.631x