KLASEMEN
Group
Team Play Poin
FRA 3 7
SUI 3 5
ALB 3 3
ROU 3 1
Team Play Poin
WAL 3 6
ENG 3 5
SVK 3 4
RUS 3 1
Team Play Poin
GER 3 7
POL 3 7
NIR 3 3
UKR 3 0
Team Play Poin
CRO 3 7
ESP 3 6
TUR 3 3
CZE 3 1
Team Play Poin
BEL 3 6
ITA 3 6
IRL 3 4
SWE 3 1
Team Play Poin
HUN 3 5
ISL 3 5
POR 3 3
AUT 3 1

Data dan Fakta Semifinal Piala Eropa 2016: Jerman vs Prancis

Data dan Fakta Semifinal Piala Eropa 2016 Jerman vs Prancis
Fans Timnas Prancis dan Jerman (ndtvimg.com)

MARSEILLE - Entah mengapa, apakah Prancis sudah menduga mereka akan tampil di semifinal Piala Eropa 2016 dan bermain di Stade Velodrome, Marseille, pada Kamis (7/7) malam waktu setempat atau Jumat (8/7) dini hari WIB?

Karena mereka punya satu sejarah manis 32 tahun lalu kala mengatasi perlawanan hebat Portugal di semifinal Piala Eropa 1984, meski harus berujung 3-2 via perpanjangan waktu. Kali ini, lawan yang akan dihadapi Les Bleus di Marseille ialah sesama tim kandidat juara, Jerman.

Dari total 27 pertemuan di berbagai ajang, Prancis unggul 12 kemenangan banding 10 milik Jerman, dengan sisa 5 laga berujung imbang. Akan tetapi pada pertemuan pertama kedua kubu di Euro ini, Les Bleus kurang bagus buat urusan bentrok di turnamen bergengsi.

Pasalnya, dari empat kali terlibat duel dengan Die Mannschaft pada ajang kompetitif yang seluruhnya tercatat di arena Piala Dunia. Prancis baru kebagian sekali menang. Itupun sudah lama, pada perebutan tempat ketiga PD 1958 Swedia. Just Fontaine dan kawan-kawan unggul 6-3 atas Jerman Barat.

Ya, itu artinya pada tiga perjumpaan berikutnya di Piala Dunia, tim Ayam Jantan selalu takluk dari Die National Elf. Satu diantaranya masih dalam ingatan terjadi pada perempat-final Piala Dunia 2014, di mana Didier Deschamps serta Joachim Loew sama-sama masih jadi pelatih kedua tim. Sedang dua sisanya terjadi di semifinal PD 1982 (adu penalti) dan PD 1986.

Tapi bagaimana dengan bentrok pertama kedua kubu di semifinal Euro, akankah hasilnya memihak Prancis, apalagi mereka tampil di hadapan publik sendiri? Upss! Fans Prancis jelas rada ciut dengan fakta berikut.

Karena terakhir kalinya Jerman menghadapi tuan rumah penyelenggara turnamen sepak bola resmi adalah dengan kemenangan telak 7-1 atas Brasil di PD 2014. Kalau mau dirunut ke belakang lagi, itu merupakan ketujuh kalinya Jerman sukses mengeliminasi tuan rumah penyelenggara baik Euro maupun Piala Dunia. Dan yang bikin begidik lagi ialah kalau enam dari tujuh sukses itu didapat di babak semifinal.

Berikut data dan fakta lainnya jelang bentrok Jerman vs Prancis di Piala Eropa 2016:
* Jerman dan Prancis adalah dua top skorer teratas di putaran final Euro (72 gol Jerman, 60 gol Prancis).
* Alain Giresse adalah pemain terakhir Prancis yang sanggup menjebol gawang Jerman di turnamen besar, yakni pada semifinal Piala Dunia 1982.
* Pertemuan terakhir kedua kubu terjadi pada November 2015 silam dengan kemenangan 2-0 di pihak Prancis yang diselingi insiden bom Paris.
* Prancis tidak pernah mencatat clean sheet dalam empat pertemuan kontra Jerman di turnamen resmi.

Jerman
* Jerman selalu mencapai babak semifinal dari enam turnamen besar terakhir, catatan terpanjang yang sejauh ini dicatat oleh tim asal Eropa.
* Jerman Barat dan Jerman telah bermain 8 kali di semifinal Euro dengan 6 diantaranya lolos ke final dan tiga berbuah trofi (rekor turnamen bersama Spanyol). 
* 20 tahun tanpa mengangkat trofi Piala Eropa merupakan puasa terlama mereka di ajang Euro.
* Mereka hanya kalah sekali dari 18 laga terakhir di turnamen besar (1-2 dari Italia di semifinal Euro 2012).
* Thomas Muller belum mencetak gol dari 10 laga terakhirnya di Euro. Dia juga tak bisa gagal dalam drama tos-tosan kontra Italia di perempat-final akhir pekan lalu. Tapi di Piala Dunia, dia meraup 10 gol dari 13 pertandingan.
* Bastian Schweinsteiger telah bermain pada 37 pertandingan turnamen besar buat Jerman, menyamai rekor Miroslav Klose sebagai pemain dengan total caps terbanyak di turnamen besar (Euro dan Piala Dunia).
* Mesut Ozil adalah satu-satunya pemain yang selalu dipasang sejak menit awal dari 24 laga Jerman  terakhir, sejak di Piala Dunia 2010. Dia merupakan top assist di empat turnamen besar belakangan (8 assist).

Prancis
* Prancis sebelumnya telah 4 kali tampil di semifinal Euro dengan rapor 2 kali menang (2 berbuah trofi) dan 2 kali kalah.
* Jumlah gol lewat sundulan kepala yang dibuat Prancis selama Euro 2016, merupakan rekor baru di selama putaran final Euro.
* Saat ini Prancis adalah top skorer Euro 2016 (11 gol dari 5 laga). Tapi catatan ini masih kalah dari rekor 13 gol mereka di putaran final turnamen besar, yakni ketika jadi juara Euro 2000.
* Semifinal terakhir Prancis di turnamen besar ialah Piala Dunia 2006. Les Bleus lolos ke final 3 kali dari 4 semifinal terakhir yang mereka lakoni di turnamen besar. Satu kegagalan itu terjadi di Euro 1996.
* Prancis belum terkalahkan dari 17 pertandingan terakhir turnamen besar saat mereka jadi tuan rumah, rapornya 15 menang, 2 seri. Kekalahan terakhir Les Bleus di turnamen besar saat mereka jadi tuan rumah ialah di Euro edisi pertama (1960) melawan Cekoslovakia.
* Olivier Giroud selalu mencetak satu gol dari dua kali start melawan Jerman dengan salah satu diantaranya merupakan gol pertamanya buat Prancis, pada Februari 2012 di Bremen. Dia juga selalu menjebol gawang Manuel Neuer dari 3 pertemuan terakhir (1 ke gawang Jerman, 2 ke gawang Bayern Muenchen).
* Olivier Giroud telah menyumbang 4 gol dan mengantar 3 assist buat Prancis dari 6 kali jadi starter di turnamen besar.
* 4 gol torehan Antoine Griezmann di Euro 2016 merupakan yang terbanyak pernah dibuat pemain Prancis lagi di turnamen besar sejak Michel Platini meraup 9 gol di Euro 1984.

(sbn)
dibaca 23.444x