KLASEMEN
Group
Team Play Poin
FRA 3 7
SUI 3 5
ALB 3 3
ROU 3 1
Team Play Poin
WAL 3 6
ENG 3 5
SVK 3 4
RUS 3 1
Team Play Poin
GER 3 7
POL 3 7
NIR 3 3
UKR 3 0
Team Play Poin
CRO 3 7
ESP 3 6
TUR 3 3
CZE 3 1
Team Play Poin
BEL 3 6
ITA 3 6
IRL 3 4
SWE 3 1
Team Play Poin
HUN 3 5
ISL 3 5
POR 3 3
AUT 3 1

Piala Eropa 2016 lebih menarik?

Piala Eropa 2016 lebih menarik
Ilustrasi foto suka-cita Dok : Daylife

Sindonews.com – Fans sepak bola dunia siap mendapat tontonan yang lebih menarik lagi pada 2016 mendatang. UEFA telah membuat perubahan signifikan untuk Piala Eropa yang digelar di Prancis.

Di Piala Eropa 2016 mendatang UEFA akan melakukan ekspansi peserta turnamen. Jika pada Piala Eropa 2012 ini ada 16 tim yang berjibaku di putaran final, pada 2016 mendatang akan ada 24 tim yang bermain di putaran final. Jadi, tahun ini akan jadi Piala Eropa terakhir dengan 16 tim kontestan. Ekspansi format yang dilakukan UEFA ini tentu dengan alasan jelas. Ini terkait dengan bertemunya tim-tim besar di penyisihan grup pada Piala Eropa tahun ini. Hal ini sangat disayangkan fans.

Karena, belum apa-apa, mereka banyak mendapat kejutan. Paling terburuk adalah jika timnya terdepak dari penyisihan grup. Dengan format 16 tim ini, fans menilai kompetisi berjalan sangat ketat dan cepat. Padahal, mereka butuh hiburan untuk melihat tim favoritnya berlaga. Itulah sebabnya, UEFA mempertimbangkan mengikutsertakan 24 tim pada 2016 mendatang. Dengan 24 peserta kompetisi dinilai akan lebih menarik dan kualifikasi juga tidak terlalu rumit. Pendapat tersebut berkaitan dengan sengitnya persaingan di Grup B Piala Eropa 2012.

Di sana ada empat tim papan atas yang bergabung, yaitu Jerman, Belanda, Portugal, dan Denmark. Belum apa-apa, dua dari mereka harus pulang. Inilah yang sangat disesali fans. Setelah itu, fans menilai kompetisi tak lagi menarik walaupun masih ada beberapa tim papan atas yang tampil. Namun, mereka menilai kalau saja penyisihan tidak seketat itu pastinya tim favorit mereka masih bisa melanjutkan perjuangan di Polandia-Ukraina.

Sebut saja tim seperti Inggris dan Portugal. Seharusnya mereka bisa mendapat kesempatan lebih jika saja penyisihan grup tidak seketat kemarin. Padahal, penampilan keduanya dinilai tidak buruk. “Kabar ini mungkin mengejutkan, tapi ini adalah bagian dari demokrasi. Semua masukan yang membangun tentu patut diperhitungkan,” ujar Presiden UEFA Michel Platini, dilansir uefa.com.

Selain itu, dengan melibatkan 24 tim, artinya membuka kesempatan tim-tim kecil berpartisipasi. Negara seperti Slovenia, Slovakia, Wales, Bosnia-Herzegovina, serta Hungaria juga bisa terlibat. Dengan demikian, kompetisi akan berjalan lebih menarik lagi.

Mereka juga berpeluang menciptakan sebuah sejarah baru dan menundukkan tim-tim besar. “Memang selalu ada negatif dan positifnya. Akan ada banyak spekulasi yang berkembang.Tapi, kami akan berusaha untuk mengambil jalan terbaik,” ungkap Platini.

(wbs)
dibaca 730x