KLASEMEN
Group
Team Play Poin
FRA 3 7
SUI 3 5
ALB 3 3
ROU 3 1
Team Play Poin
WAL 3 6
ENG 3 5
SVK 3 4
RUS 3 1
Team Play Poin
GER 3 7
POL 3 7
NIR 3 3
UKR 3 0
Team Play Poin
CRO 3 7
ESP 3 6
TUR 3 3
CZE 3 1
Team Play Poin
BEL 3 6
ITA 3 6
IRL 3 4
SWE 3 1
Team Play Poin
HUN 3 5
ISL 3 5
POR 3 3
AUT 3 1

Del Bosque pelatih terbesar sepanjang masa

Del Bosque pelatih terbesar sepanjang masa
Pelatih Spanyol Vicente del Bosque, foto dok Daylife

Sindonews.com - Pelatih Spanyol Vicente del Bosque yang sukses memenangkan treble trofi bersejarah seperti Liga Champions, Piala Dunia, hingga Kejuaraan Eropa membuatnya dinilai sebagai pelatih terbesar sepanjang masa. Pencapaian pelatih berusia 61 tahun itu tampaknya tidak akan pernah disamai siapa pun atau bahkan mendekati kesuksesannya.

Pada saat meraih Piala Dunia 2010, Del Bosque mendapatkan gelar kebangsawanan Marquis dari Raja Spanyol Juan Carlos. Dan, sekarang, ia bukan hanya Marquis, tetapi rajanya pelatih di seluruh dunia.

Bintang Barcelona Cesc Fabregas mengatakan, Del Bosque adalah sosok yang sederhana dan ahlinya taktik seperti halnya Luis Aragones yang mempersembahkan Piala Eropa 2008 bagi Spanyol. Namun, bagi Fabregas, Del Bosque mempunyai kelebihan lain yang dapat membuat para pemain lebih tenang menjelang pertandingan.

"Ini sangat penting karena ia selalu membuat kami tenang. Dia dapat mengirimkan ketenangan, di mana cara tersebut dapat membuat Anda tidak gugup. Dia memiliki sesuatu yang membuat Anda tenang dan ia memungkinkan Anda bermain seperti cara yang Anda inginkan. Dia telah benar-benar menjadi pelatih khusus untuk Spanyol," ucap Fabregas seperti dilansir The Sun.

Del Bosque juga memiliki pengalaman melatih tim bertabur bintang saat dirinya menjabat sebagai bos Galacticos di Real Madrid. Pada saat ia melatih, Del Bosque harus berhadapan dengan pemain besar seperti Zinedine Zidane, legenda Brazil Ronaldo dan Roberto Carlos. Namun, ia berhasil memenangkan enam piala yaitu dua gelar La Liga, dua gelar Liga Champions, Supercup Eropa, dan Piala Super spanyol.
 
Kemenangan Spanyol di Piala Eropa 2012 mengantarkan Del Bosque sebagai satu-satunya pelatih di dunia yang mampu meraih treble yaitu trofi Liga Champions, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa. Del Bosque pun menjadi orang kedua yang membawa timnya menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa berturut-turut. Sebelumnya, rekor dipecahkan pelatih Helmut Schoen yang menjadikan Jerman sebagai jawara Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.



(akr)
dibaca 1.515x