Fakta Menarik Sevilla vs Dnipro Jelang Final Liga Europa

Rabu, 27 Mei 2015 - 06:46 WIB
Fakta Menarik Sevilla vs Dnipro Jelang Final Liga Europa
Fakta Menarik Sevilla vs Dnipro Jelang Final Liga Europa
A A A
WARSAW - Laga final Liga Europa yang mempertemukan Sevilla versus FC Dnipro Dnipropetrovsk masih menyisakan beberapa jam lagi. Namun tak sah rasanya jika tak melihat segelintir fakta terkait laga di partai puncak tersebut di National Stadium, Warsaw, Kamis (28/5/2015) dini hari WIB.

Sevilla diketahui tengah berada di ambang sejarah. Jika tim polesan Unai Emery berhasil memenangkan trofi Liga Europa, klub asal Spanyol itu akan menjadi tim pertama yang memenangi empat gelar di kompetisi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Piala UEFA. Sekaligus melampaui pencapaian Juventus, Inter Milan dan Liverpool (tiga gelar juara) hanya dalam sembilan tahun dan tak hanya itu saja Sevilla juga bisa mengamankan tiket kualifikasi ke Liga Champions musim depan.

Di sisi lain, prestasi Dnipro tidak kalah mencengangkan. Tim besutan Myron Markeyvch ternyata sukses mencetak sejarah lebih dulu dengan membawa tim menembus final di Liga Europa pertama kalinya. Ini hanya segelintir fakta yang terungkap dan masih ada banyak fakta lain yang sekiranya bisa menjadi rujukan pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Berikut adalah fakta menarik jelang final Liga Europa, Sevilla vs Dnipro seperti dicomot dari beberapa sumber, Rabu (27/5/2015).

Fakta pertandingan

1. Dnipro semakin mendekati sejarah sebagai klub ketiga di Ukraina jika mereka berhasil membawa trofi juara Liga Europa ke kampung halaman sejak
Dynamo Kiev (1975 dan 1986) dan FC Shakhtar Donetsk (2009).

2. Dnipro berhasil mencetak sejarah klub setelah berhasil merebut tiket final Liga Europa. Tim polesan Myron Markevych ini juga telah memenangkan tujuh dari 16 pertandingan mereka dalam perjalanan ke final.

3. Sevilla diketahui tengah berada di ambang sejarah. Jika tim polesan Unai Emery berhasil memenangkan trofi Liga Europa, klub asal Spanyol itu akan menjadi tim pertama yang memenangi empat gelar di kompetisi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Piala UEFA. Sekaligus melampaui pencapaian Juventus, Inter Milan dan Liverpool (tiga gelar juara) hanya dalam sembilan tahun.

4. Sevilla ternyata memiliki rapor bagus selama tampil di Liga Europa. Tercatat, dari 15 kali yang dipertandingkan mereka hanya kalah satu kali dan mencetak 26 gol.

5. Daniel Carrico masuk dalam daftar pemain yang membuat penampilan terbanyak di Liga Europa sebanyak 47 kali. Pemain bernomor punggung 6 itu berhasil mengalahkan sejumlah pepain dalam sejarah kompetisi ini.

6. Final Liga Europa musim ini akan melibatkan dua pelatih yang memiliki catatan mengesankan di kompetisi ini. Unai Emery selaku pelatih Sevilla akan menjalani laga ke-50 di Liga Europa. Sementara Myron Markevych (Dnipro) akan mencatatkan penampilan ke-42.

7. Carlos Bacca adalah satu-satunya pemain yang tampil dalam 14 pertandingan bersama Sevilla. Sementara itu, Kiper Dnipro, Denys Boyko dan bek tengah Douglas tak pernah kehilangan di dalam skuat inti sejak babak awal penyisihan grup. Secara total kedua pemain ini sudah mengumpulkan 1290 menit.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4804 seconds (0.1#10.140)