Terima Suap, Wakil Presiden FIFA Ditangkap

Rabu, 27 Mei 2015 - 15:35 WIB
Terima Suap, Wakil Presiden FIFA Ditangkap
Terima Suap, Wakil Presiden FIFA Ditangkap
A A A
ZURICH - Wakil Presiden otoritas sepak bola tertinggi dunia (FIFA), Jeffrey Webb ditangkap polisi dalam penggerebekan yang dilakukan di sebuah hotel mewah di Swiss, Rabu (27/5/2015). Dalam penangkapan tersebut, ada delapan orang official lainnya yang juga ikut ditahan bersama sang wakil presiden FIFA.

Penangkapan Webb sendiri berkaitan kasus penyuapan yang diterimanya berkaitan dengan hak komersial turnamen sepak bola di Amerika dan Amerikan Selatan pada tahun 1990 silam. Tidak tanggung-tanggung, Webb yang juga menjabat sebagai presiden CONCACAF ini diduga menerima suap sebesar 100 juta dolar atau setara dengan Rp1,5 triliun.

Hal tersebut disampaikan dalam statement yang diberikan pengadilan Swiss terkait penangkapan sembilan anggota FIFA tersebut. ''Pihak keamanan Amerika Serikat menduga mereka menerima suap berjumlah hingga jutaan dolar,'' jelas statement lembaga peradilan Swiss seperti dilansir Dailymail.

Hal ini tentunya sangat mencoreng wajah FIFA, karena jelang pemilihan presiden FIFA yang akan berlangsung pada tanggal 29 Mei mendatang, santer terdengar kritikan yang diarahkan para federasi sepak bola tertinggi dunia tersebut. Bukan hanya soal pemilihan presiden FIFA yang dianggap penuh dengan sandiwara, namun isyu korupsi juga belakangn santer disuarakan oleh sejumlah kalangan.

Berikut sembilan nama anggota FIFA yang ditangkap pihak kepolisian:

- Jeffrey Webb
- Eugenio Figueredo
- Jack Warner
- Eduardo Li
- Julio Rocha
- Costas Takkas
- Rafael Esquivel
- Jose Maria Marin
- Nicolas Leoz
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9602 seconds (0.1#10.140)