14 Nama Pemimpin FIFA Tersandung Korupsi

Rabu, 27 Mei 2015 - 15:52 WIB
14 Nama Pemimpin FIFA Tersandung Korupsi
14 Nama Pemimpin FIFA Tersandung Korupsi
A A A
ZURICH - Setelah penangkapan Wakil Presiden FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia), Jeffrey Webb terkait kasus suap, kabarnya ada 14 nama pejabat FIFA lain yang tersandung korupsi seperti diberitakan New York Times. Sebelumnya pihak kepolisian federal Swiss mengumumkan pagi ini telah menangkap sedikitnya enam pejabat FIFA yang dicurigai menerima atau membayar suap sebesar USD100 juta atau setara 64,8 juta pounds pada periode 1990-an hingga sekarang.

Pada pagi tadi pasukan kepolisian Swiss melakukan penggerebakan pada hotel bintang lima yakni Baur au Lac di Zurich, dalam operasi penangkapan sejumlah official dalam sepak bola terkait kasus penyuapan, korupsi dan pemerasan. Kabar penangkapan ini tentu jadi pukulan telak buat Federasi Sepak Bola Dunia mengingat FIFA direncanakan bakal melakukan pemilihan Presiden yang akan berlangsung di Zurich, Swiss, 29 Mei mendatang. Usai penangkapan Webb, New York Times mengumumkan sembilan nama yang ditangkap kepolisian Swiss pagi ini termasuk Wakil Presiden FIFA, Jeffrey Webb.

(Baca Juga: Terima Suap, Wakil Presiden FIFA Ditangkap)

Delapan nama lainnya yakni Eugenio Figueredo, Jack Warner, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Rafael Esquivel, Jose Maria Marin dan Nicolas Leoz. Tidak berhenti sampai disitu, Eksekutif Marketing Bidang Olahraga FIFA, Alejandro Burzaco, Aaron Davidson, Hugo Jinkis dan Mariano Jinkis dikabarkan juga terlibat dalam kasus korupsi serupa. Sedangkan Jose Margulies diduga bertindak sebagai mediator untuk pembayaran suap tersebut.

Sementara itu Presiden FIFA, Sepp Blatter yang berpeluang besar dipilih kembali untuk masa jabatan kelima kalinya beruntun, diyakini tidak termasuk di antara pejabat FIFA yang ditangkap. Blatter sendiri akan bersaing dengan Pangeran Ali Bin Al-Hussain dari Yordania dalam ajang pemilihan Presiden FIFA, setelah sebelumnya beberapa kandidat seperti Luis Figo memutuskan mundur dari persaingan bursa calon pemimpin sepak bola dunia selanjutnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)