UEFA Minta Kongres FIFA Ditunda

Kamis, 28 Mei 2015 - 10:55 WIB
UEFA Minta Kongres FIFA Ditunda
UEFA Minta Kongres FIFA Ditunda
A A A
SWISS - Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA meminta Kongres untuk memilih Presiden FIFA ditunda. Permintaan ini dikeluarkan UEFA setelah beberapa petinggi FIFA tersandung kasus pencucian uang dan suap.

Seperti diketahui, tujuh petinggi FIFA ditangkap di Zurich, Swiss Rabu (27/5) waktu setempat oleh FBI atas dugaan pencucian uang dan suap. Ketujuh petinggi itu: Jeffrey Webb (Wakil Presiden FIFA), Eduardo Li (Ketua Federasi Sepak Bola Kosta Rika), Eugenio Figueredo (Presiden Conmebol), Rafael Esquivel (Ketua Federasi Sepak Bola Venezuela), Jose Maria Marin (Anggota Komite FIFA), Julio Rocha (Anggota Bagian Pengembangan FIFA) dan Costas Takkas (Presiden Concacaf)

Selain kasus itu, penyelidikan terpisah juga tengah dilakukan Kepolisian Swiss atas dugaan korupsi dalam proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 yang akan dilaksanakan di Russia dan Qatar.

Pasca penangkapan ini, FIFA menyatakan Kongres bakal tetap digelar pada Jumat (29/5) pekan ini. Melalui juru bicaranya, Walter de Gregorio, FIFA merasa Kongres tidak perlu ditunda hanya karena kasus penangkapan tersebut.

"Tidak ada rencana untuk menunda kongres atau pun prose pemilihan. Pemilihan akan bejalan sesuai rencana," kata Walter.

Namun reaksi berbeda ditunjukkan UEFA. Federasi yang berada di bawah pimpinan Michel Platini itu meminta Kongres FIFA untuk memilih Presiden ditunda.

"Anggota Komite Eksekutif UEFA yakin ada kebutuhan mendesak untuk mengganti kepemimpinan di FIFA dan sangat yakin Kongres seharusnya ditunda. Pemilhan setidaknya bisa dilakukan dalam enam bulan ke depan," tulis UEFA dalam pernyataan resminya seperti dikutip Sports Mole.

Sekedar informasi Kongres FIFA untuk memilih Presiden baru hanya diikuti oleh dua kandidat: Presiden FIFA petahana, Sepp Blatter dan Pangeran Ali Bin Al-Hussein. Blatter sendiri sudah memimpin FIFA sejak 1998.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7625 seconds (0.1#10.140)