Kemenpora Tanggapi Dingin Mundurnya Blatter

Rabu, 03 Juni 2015 - 05:34 WIB
Kemenpora Tanggapi Dingin Mundurnya Blatter
Kemenpora Tanggapi Dingin Mundurnya Blatter
A A A
JAKARTA - Kemenpora seakan mengamini keputusan Sepp Blatter mundur sebagai Presiden FIFA. Kementerian yang dinakhodai Imam Nahrawi ini beranggapan bahwa pengunduran diri pria berusia 79 tahun ini akan memberi peluang bagi berbagai pihak yang ingin melakukan reformasi total terhadap manajemen FIFA.

Beberapa jam yang lalu, Blatter mengadakan jumpa pers yang diselenggarakan di Markas Besar FIFA di Zurich, Selasa (2/6) waktu setempat. Pengunduran diri tersebut hanya berselang beberapa hari sejak ia terpilih kembali sebagai Presiden FIFA untuk kali kelima pada 29 Mei 2015.

Pengunduran diri Blatter seperti memberikan angin segar kepada Kemenpora yang tengah 'bersih-bersih' untuk membenahi cabang olahraga sepak bola di Indonesia. Berarti langkah politikus PKB untuk mengedarkan surat pembekuan terhadap PSSI sejalan dengan pandangan organisasi di seluruh dunia yang ingin mereformasi total terhadap perkembangan serta kemajuan sepak bola.

Tekait dengan adanya pengunduran diri Blatter, Kemenpora menyampaikan sikapnya, Rabu (3/6/2015)

1. Apapun alasan dan motivasi Sepp Blatter untuk mengundurkan diri sebagai Presiden FIFA yang justru baru saja terpilih, Kemenpora tetap menaruh rasa hormat dan apresiasi kepadanya, karena keputusan tersebut dilakukannya tanpa harus menunda-nunda waktunya pada saat FIFA semakin menjadi sorotan internasional atas berbagai indikasi dugaan skandal korupsi yang melibatkan sejumlah pejabat tinggi FIFA di sekitar lingkaran kekuasaannya. Pengunduran dirinya ini akan memberi peluang bagi berbagai pihak yang ingin melakukan reformasi total terhadap manajemen FIFA.

2. Kemenpora sendiri sudah merasakan makin buruknya tata kelola manajemen FIFA saat FIFA pada tanggal 30 Mei 2015 menyampaikan sanksi melalui surat resminya kepada PSSI. Dalam surat tersebut, sebagaimana sudah disebut dalam siaran pers Kemenpora tanggal 31 Mei 2015, memuat sejumlah kejanggalan, sehingga Kemenpora mempertanyakan tingkat keseriusan FIFA dalam menjatuhkan sanksi pada anggota federasinya, karena faktanya tidak berdasarkan data dan fakta yang sesungguhnya. Seakan-akan FIFA hanya bermain-main dalam memutuskan sanksi yang akan dijatuhkannya.

3. Sesuai dengan janjinya, Sepp Blatter mengatakan, bahwa FIFA akan segera mengadakan Kongres Luar Biasa FIFA untuk memilih pengurus yang baru pada bulan Desember 2015. Sambil menunggu akan diadakannya kongres yang dimaksud di Meksiko, Sepp Blatter harus mampu membuktikan komitmennya untuk mereformasi FIFA secara keseluruhan. Seandainya memang ada niat ke arah itu, bukan tidak mungkin Sepp Blatter akan didukung oleh sejumlah pihak untuk meletakkan dasar-dasar reformasinya sambil nanti akan dilanjutkan oleh siapapun yang terpilih menggantikannya dengan berbagai revisi sesusi kebutuhannya secara transparan, obyektif dan profesional.

4. Pengunduran diri Sepp Blatter itu hendaknya menjadi pelajaran bagi seluruh pejabat FIFA dan para anggota federasinya untuk juga harus responsif secara bijak jika menghadapi sorotan atas berbagai kasus yang ada tanpa harus menunda-nunda waktu pengunduran diri. Idealnya Sepp Blatter dulunya tidak perlu mencalonkan diri sebelum Kongres FIFA bulan Mei 2015 lalu, tetapi itu tidak mungkin karena merupakan haknya. Namun pengunduran dirinya saat ini paling tidak hanya memberi beban tambahan pada FIFA untuk mengadakan kongres lagi secepatnya dari pada menangani sejumlah masalah lain yang lebih mendesak.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7017 seconds (0.1#10.140)