Hamas Tolak Rencana Pembubaran Pemerintahan Palestina

Rabu, 17 Juni 2015 - 18:00 WIB
Hamas Tolak Rencana Pembubaran Pemerintahan Palestina
Hamas Tolak Rencana Pembubaran Pemerintahan Palestina
A A A
GAZA - Faksi Hamas menolak rencana pembubaran pemerintah Palestina. Menurut kelompok yang menguasai Gaza tersebut, pembubaran pemerintahan bukan keputusan Fatah semata, semua pihak di Palestina harus terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut.

"Hamas menolak perubahan tanpa adanya persetujuan dari semua pihak dalam pemerintahan Palestina," ucap juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri, seperti dilansir Strait Times pada Rabu (17/6/2015).

Abu Zuhri mengatakan, pihaknya tidak sekalipun dihubungi oleh pemerintah Palestina pimpinan Mahmoud Abbas mengenai hal ini. Dirinya menyebut ide pembubaran pemerintahan ini adalah bentuk keegoisan dari Fatah. (Baca juga: Pemerintahan Palestina Berencana Bubar?)

"Tidak ada yang memberitahu kami apa-apa tentang keputusan ini dan tidak ada yang berkonsultasi dengan kami tentang perubahan dalam pemerintah persatuan. Fatah bertindak sendiri dalam hal ini," sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ide pembubaran pemerintahan Palestina diutarakan oleh beberapa pejabat Fatah. Para pejabat tersebut mengutip perkataan Abbas, dimana dirinya menyebut pemerintahan Palestina akan dibubarkan dalam kurun waktu 24 jam ke depan.

Menurut para pejabat Fatah alasan pemerintah Palestina membubarkan diri adalah karena ketidakmampuan mereka untuk bertindak di Jalur Gaza. Sepeti diketahui, pemerintah Palestina yang mayoritas diisi oleh orang Fatah tidak bisa berbuat banyak di Gaza, yang dikuasai oleh Hamas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)