Djadjang Ungkap Sinyal Kualitas Sepak Bola Indonesia Menurun

Rabu, 01 Juli 2015 - 07:01 WIB
Djadjang Ungkap Sinyal Kualitas Sepak Bola Indonesia Menurun
Djadjang Ungkap Sinyal Kualitas Sepak Bola Indonesia Menurun
A A A
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Djadjang 'Djanur' Nurdjaman mengungkap tanda-tanda kualitas sepak bola Indonesia mulai tergerus. Ketiadaan kompetisi berkelas memaksa pemain level nasional dan internasional mencari pelarian ke tingkat antarkampung (tarkam).

Program latihan yang selama ini dijalani para pemain di klub juga menguap, karena tampil di tarkam yang tak butuh persiapan layak. Program latihan rutin yang seharusnya berlangsung selama ini pun tidak berjalan baik, setelah klub membubarkan diri atau menghentikan aktivitas akibat penghentian kompetisi.

"Dari sisi latihan dan bertanding saja, akan banyak hal yang berbeda antara kompetisi berjalan dan saat berhenti. Saya tidak kaget jika kualitas permainan sepak bola Indonesia menurun," jelas Djadjang seperti dilansir laman remi Persib (persib.co.id).

"Tidak adanya kompetisi dan pemain hanya mengandalkan pertandingan antarkampung adalah salah satu faktor penurunan kualitas tersebut. Sekarang kebanyakan pemain mengikuti tarkam, pastinya latihan juga tidak stabil karena biasanya para pemain menjalani latihan rutin."

Penurunan kualitas juga lantaran saat mengikuti tarkam, para pemain tampil dengan atlet lainnya yang kualitasnya beragam. Mereka juga bermain tanpa pola dan latihan yang jelas. Djadjang tidak bisa menyalahkan kondisi tersebut, pemain terpaksa tampil di tarkam. Pemain butuha butuh pertandingan guna menjaga kondisi dan atmosfer laga.

"Sejatinya tampil di tarkam karena pemain sangat butuh kompetisi dan pertandingan. Mereka terima segala tawaran, karena ada peluang, pasti main. Barangkali itu akibat laparnya mereka akan pertandingan. Mereka gatal ingin main, dan itu juga untuk menjaga atmosfer pertandingan," ujarnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4437 seconds (0.1#10.140)