Messi Tak Butuh Gol untuk Tersenyum

Rabu, 01 Juli 2015 - 23:28 WIB
Messi Tak Butuh Gol untuk Tersenyum
Messi Tak Butuh Gol untuk Tersenyum
A A A
CONCEPCION - Pada level domestik, Lionel Messi boleh saja bersinar bersama Barcelona dengan mengunci tiga gelar dalam satu musim. Tapi sayang La Pulga -julukan Messi- kerap gagal bersinar pada level Internasional bersama timnas Argentina, seperti yang terjadi pada ajang Copa America 2015. Meski sukses membawa Argentina ke final dengan kemenangan fantastis atas Paraguay 6-1, Messi belum sekalipun mencetak gol.

Kinerja pemilik nomor punggung 10 itu berbanding terbalik saat Messi berseragam Barcelona. Hilangnya sentuhan magic Messi saat membela Tim Tango -julukan Argentina- dituding karena pola permainan Argentina yang dianggap tidak bisa mendukung setiap pergerakannya. Situasi ini terlihat ketika Argentina menghadapi Paraguay, dimana Messi lebih banyak beroperasi di lini tengah. Meski gagal mencetak gol tapi pemain bertubuh mungil itu berperan hampir di semua gol.

(Baca Berita Lengkap Copa America 2015 di Sini)

Menanggapi kritikan kepada kinerja Messi, bos Argentina, Gerardo Martino mengklaim anak asuhnya tidak butuh gol untuk membuatnya bahagia. "Jika Messi hanya memberikan umpan untuk terciptanya gol terakhir, maka itu tidak menjadi masalah. Paling penting adalah bagaimana ia berkontribusi dan memberikan respon dalam sebuah pertandingan," jelas Martino, Rabu (1/7/2015).

Messi memang tidak mencetak gol, tapi ia menyumbang tiga assist dalam membantu kemenangan 6-1 atas Paraguay. Dalam laga tersebut, Messi bahkan memiliki peran penting dalam semua gol yang dicetak Argentina. Buktinya bisa dilihat dari jumah sentuhan bola yang dilakukan Messi dalam pertandingan tersebut. Sepanjang 90 menit pertandingan, Messi melakukan 79 sentuhan dan melepaskan 5 operan kunci.

Dengan catatan tersebut, maka tak salah bila kemudian Messi mendapatkan predikat 'man of the match' dalam laga kali ini. "Dia (Messi) tidak tampak cemas bagi saya. Dia bahagia dan tidak mempunyai masalah. Messi tidak perlu menjadi pencetak gol buat tim untuk bahagia," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5790 seconds (0.1#10.140)