Falcao Dihantui Kutukan Nomor 9 Bersama Chelsea

Sabtu, 04 Juli 2015 - 02:46 WIB
Falcao Dihantui Kutukan Nomor 9 Bersama Chelsea
Falcao Dihantui Kutukan Nomor 9 Bersama Chelsea
A A A
LONDON - Kutukan nomor 9 Chelsea akan menghantui Radamel Falcao seiring kepastian kepindahan juru gedor timnas Kolombia itu ke Chelsea dengan status pinjaman dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas ini. Meski belum mengetahui akan mengenakan jersey nomor berapa bersama The Blues -julukan Chelsea-, tapi sepertinya nomor sembilan akan jadi pilihan sang pemain. Pasalnya Falcao memang kerap identik dengan nomor punggung sembilan dimanapun ia bermain, baik itu bersama Atletico Madrid, AS Monaco, Manchester United atau bahkan ketika membela negaranya.

Kini bersama Chelsea, penyuka nomor sembilan asal Kolombia itu sepertinya harus sedikit berhati-hati sebelum memilih nomor punggung. Semenjak kepergian Fernando Torres serta Loic Remy yang lebih memilih nomor 18, membuat kostum nomor 9 di Chelsea tanpa pemilik. Uniknya nomor punggung 9 di Chelsea sepertinya mempunyai kutukan, saat banyak penyerang kelas dunia justru melempem dengan jersey nomor tersebut. Sebut saja Torres yang didatangkan dengan mahar senilai 50 juta pounds, juru gedor asal Spanyol itu gagal membuktikan kualitasnya.

Selama tiga setengah tahun membela Chelsea, Torres hanya mampu mencetak 45 gol dari 172 penampilannya. Sebelum Torres, ada beberapa nama lain yang gagal membuat nomor punggung sembilan di Chelsea bersinar. Salah satunya adalah Hernan Crespo yang pernah mengenakan nomor sembilan, meski hanya satu musim. Entah kebetulan atau tidak, penampilan pemain asal Argentina itu jauh dari kata memuaskan. Crespo hanya mencetak 10 gol di musim tersebut. Tak berhenti sampai di sini, Mateja Kezman juga pernah merasakan kutukan nomor sembilan.

Digadang-gadang akan jadi bomber berbahaya di Liga Inggris, dengan modal 105 gol dari 122 pertandingan bersama PSV Eindhoven. Kezman gagal membuktikan kualitasnya dan hanya mencetak empat gol dari 25 penampilannya hingga akhirnya ia meninggalkan Stamford Bridge dengan hanya menghabiskan satu musim. Nama lain yang masuk dalam daftar kutukan nomor sembilan adalah, Khalid Boulharouz. Statusnya sebagai seorang pemain bertahan, membuat nomor sembilan tidak lazim dikenakan oleh Boulharouz yang diboyong dari Hamburg SV.

Tak berbeda dengan para penyerang lainnya, penampilan Boulharouz juga tidak terlalu spesial sebelum dipinjamkan ke Sevilla. Berikut nama pemain lain yang pernah merasakan kutukan nomor sembilan Chelsea seperti Jimmy Floyd Hasselbaink, Franco Di Santo, Steve Sidwell hingga Gianluca Vialli. Bila benar Falcao memilih nomor sembilan, maka pemain yang akan reuni dengan mantan rekannya di Ateltico Madrid, Diego Costa, Thibaut Courtois dan Filipe Luis berpeluang menjadi korban berikutnya. Atauh justru Falcao yang mampu mematahkan kutukan nomor sembilan The Blues.

Falcao tentu tidak ingin mengulang memori buruk saat memperkuat Manchester United dengan status pinjaman musim lalu. Tampil buruk sepanjang musim, Falcao hanya mencetak empat gol dari 26 penampilan di Liga Inggris. Karena prestasinya tidak membanggakan, United akhirnya memulangkan sang pemain ke Monaco beberapa hari setelah musim lalu berakhir. Namun Chelsea secara mengejutkan bersedia menampung Falcao untuk menggantikan Didier Drogba yang kontraknya berakhir 30 Juni 2015 lalu.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6224 seconds (0.1#10.140)