Tidak Banyak Klub Jawa Timur yang Melirik Piala Kemerdekaan

Sabtu, 04 Juli 2015 - 16:02 WIB
Tidak Banyak Klub Jawa Timur yang Melirik Piala Kemerdekaan
Tidak Banyak Klub Jawa Timur yang Melirik Piala Kemerdekaan
A A A
SURABAYA - Piala Kemerdekaan yang digagas Tim Transisi Kemenpora awalnya disebut-sebut bakal mengakomodir semua klub Divisi Utama. Namun nyatanya, hingga pengumuman peserta turnamen hanya sebagian kecil klub Divisi Utama yang ikut berpartisipasi.

Contohnya dari Jawa Timur, sebanyak 14 klub yang masuk level dua akhirnya terpecah dan hanya enam yang pasti ikut Piala Kemerdekaan. Enam klub yang tampil adalah Persepam Madura, Persebo Jaya Bondowoso, Madiun Putra, Persikap Pasuruan Jaya, Persatu Tuban dan Persinga Ngawi.

Sedangkan lainnya yakni PSBI Blitar, PSBK Blitar, PS Mojokerto Putra, Laga FC, Metro FC Malang, Perssu Sumenep, Persewangi Banyuwangi dan Persida Sidoarjo tidak terlibat. Informasi sementara menyebutkan klub-klub tersebut memang tak berminat.

Uniknya, Persibo Bojonegoro dan Persema Malang yang sebelumnya mendapat undangan juga tidak tercantum. Padahal Persibo sudah memulai seleksi pemain demi mengikuti event yang digelar mulai 1 Agustus nanti.

"Kami sudah antusias ingin ikut, tapi malah tidak tercantum. Padahal ada undangannya. Kami masih mengupayakan agar bisa ikut," kata eks Manajer Persibo, Nur Yahya. Persibo sendiri tengah dalam proses pembentukan manajemen baru.

Sedangkan sejumlah klub lain memilih tak terlibat karena khawatir bermasalah di kemudian hari. Perssu Sumenep, Persekam Meteo FC, PSBI dan PSBK Blitar adalah klub yang tak ingin nantinya disebut membangkang dari federasi alias PSSI.

Persatu Tuban, salah satu klub yang ikut Piala Kemerdekaan punya alasan tersendiri memilih ikut event tersebut. Persatu tidak ingin semakin rugi karena tidak ada kompetisi sama sekali musim ini.

"Kami adalah juara Liga Nusantara musim lalu yang kemudian rugi besar karena musim ini tak ada kompetisi. Kami tidak ingin semakin merugi dan mengikuti kompetisi apa saja yang dijalankan," ucap Manajer tim, Fahmi Fikroni.

Persatu yang sempat membubarkan tim sesaat setelah Divisi Utama dibatalkan, telah kembali mengumpulkan kekuatan untuk Piala Kemerdekaan. Manajemen mengaku siap bertarung di Grup C bersama klub-klub Jawa Timur lainnya.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6357 seconds (0.1#10.140)