Terungkap, Kapal Induk Inggris Kejar Kapal Selam China

Minggu, 12 Februari 2023 - 00:40 WIB
loading...
Terungkap, Kapal Induk Inggris Kejar Kapal Selam China
Kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth ternyata pernah mengejar kapal selam mata-mata China. Foto/PA
A A A
LONDON - Kapal induk HMS Queen Elizabeth Angkatan Laut Kerajaan Inggris ternyata pernah melacak dan mengejar kapal selam mata-mata China dalam insiden menegangkan di perairan Laut China Selatan.

Itu terjadi pada musim panas 2021, namun baru terungkap dalam film dokumenter BBC yang akan ditayangkan pada Minggu (12/2/2023).

Cuplikan dua menit dari dokumenter itu menunjukkan bagaimana perwira Angkatan Laut di atas kapal induk HMS Queen Elizabeth menemukan kapal selam mata-mata China menggunakan sonobuoys yang canggih.

Sonobuoys adalah perangkat sonar kecil yang dijatuhkan ke air untuk mengambil suara mesin dan baling-baling dari kapal selam asing.



Perwira tersebut terlihat dengan cepat mengerahkan helikopter yang menjatuhkan muatan sonobuoys lain ke dalam air untuk melakukan pelacakan secara akurat terhadap kapal selam tersebut.

Kapal selam China pada akhirnya terlacak menjauh dari kapal induk Inggris.

"Jadi apa yang kami pikir adalah kapal selam, sekarang sudah pasti kapal selam. Itu bukan ikan paus," kata perwira tersebut dalam dokumenter BBC.

“Jika ini berada dalam skenario yang berbeda, situasi konflik akan membuktikan bahwa kami telah mendeteksi sesuatu, dalam waktu yang cukup, melindungi tubuh utama kapal induk," ujarnya.

Menurut cuplikan dokumenter itu, kapal selam mata-mata China buatan Rusia ketahuan bersembunyi di bawah ombak, berusaha membayangi kapal induk HMS Queen Elizabeth.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)