Bisa Apa Turan di Barcelona?

Selasa, 07 Juli 2015 - 09:39 WIB
Bisa Apa Turan di Barcelona?
Bisa Apa Turan di Barcelona?
A A A
BARCELONA - Arda Turan baru saja resmi bergabung dengan Barcelona. Gelandang asal Turki ini didatangkan Barca dari Atletico Madrid dengan harga transfer sebesar 34 juta euro ditambah bonus dengan tujuh juta euro atau sekira Rp602 miliar dengan durasi lima tahun.

(Baca Juga: Hot News: Barcelona Resmi Boyong Arda Turan)

Sebagai pemain, Turan tentu punya kualitas tersendiri yang menjadi modal untuk bersaing dengan para gelandang Barca lainnya. Apa sejatinya yang mampu diberikan Turan bagi Barca?

Turan yang berposisi sebagai gelandang punya kemampuan multi posisi yang cukup banyak. Setidaknya, gelandang berusia 28 tahun ini mampu bermain di enam posisi.

Whoscored mencatat, Turan mampu bermain sebagai gelandang kanan, kiri, tengah, penyerang sayap kiri, sayap kanan, dan penyerang lubang. Di antara keenam posisi itu, Turan paling sering tampil sebagai gelandang kanan.

Operan (passing), menggiring bola (dribbling), menahan bola (holding on the ball) dan kontribusi bertahan (defensive contribution) merupakan kekuatan dari Arda Turan. Selain itu, situs Barca mencantumkan Turan akan membawa banyak kontribusi bagi Blaugrana.

"Dia adalah kreator dan pencetak gol. Dia datang ke Barca untuk membawa kekuatan dan kreativitasnya di tengah," tulis pernyataan resmi Barca.

Di musim lalu bagi Atletico,eks gelandang Galatasaray ini merupakan salah satu pilar utama pilihan pelatih Diego Simeone. Terbukti, Turan mencatat 32 penampilan di Liga Spanyol dengan torehan dua gol dan empat assists.

Lebih lanjut, Sindonews coba mengkomparasi statistik Arda Turan dengan gelandang Barca yang berposisi sama, Ivan Rakitic. Dengan empat parameter: assists, operan kunci, operan sukses, menciptakan peluang, Arda Turan dan Rakitic punya keunggulan masing-masing.

Bisa Apa Turan di Barcelona?


Rakitic unggul dari segi assists dan operan sukses sementara Turan unggul dari segi operan kunci dan menciptakan peluang. Berkaca pada hal tersebut kedatangan Turan dipastikan menambah daya serang Barca dari lini tengah.

Selain itu, akan terjadi kompetisi di lini tengah Barcelona yang kini rutin diisi Ivan Rakitic, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta. Belum lagi ada gelandang muda seperti Rafinha dan Sergi Roberto yang tentu ingin menunjukan kualitasnya.

Namun demikian, Barca sendiri baru bisa memakai jasa Turan pada Januari 2016. Pasalnya, saat ini Blaugarana masih terkena sanksi dari UEFA.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7390 seconds (0.1#10.140)