Pemkab Serahkan Tiga Wilayah Pelayanan PDAM ke Pemkot Bekasi

Senin, 13 Februari 2023 - 11:27 WIB
loading...
Pemkab Serahkan Tiga Wilayah Pelayanan PDAM ke Pemkot Bekasi
Serah terima tiga wilayah pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi dari Pemkab Bekasi kepada Pemkot Bekasi di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Foto/Dok Pemkab Bekasi
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi menyerahkan tiga aset PDAM Tirta Bhagasasi berupa kantor wilayah pelayanan kepada Pemerintah Kota Bekasi melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama.

”Penyerahan aset ini merupakan tindak lanjut kesepakatan bersama antara kedua pemerintah terkait kesepakatan pengakhiran kerja sama,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam keterangannya, Senin (13/2/2023).

Tiga wilayah pelayanan itu antara lain Kantor Cabang Wisma Asri, Kantor Cabang Pembantu Pondok Gede, serta Harapan Baru. Ketiganya merupakan bagian dari total delapan aset yang diserahkan seluruhnya kepada Kota Bekasi secara bertahap.

”Jadi kami menyerahkan delapan wilayah pelayanan dan Kota Bekasi memberikan kompensasi sesuai kesepakatan bersama,” katanya.

Dani meminta jajaran direksi PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi dan PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi segera menyelesaikan teknis administrasi penyerahan aset dimaksud.

”Terhitung sejak ditandatangani sampai tujuh hari ke depan sudah bisa diselesaikan soal teknis administrasi penyerahan. PDAM Tirta Bhagasasi bisa lebih fokus optimalkan pelayanan masyarakat dengan target peningkatan cakupan pelayanan air bersih,” ungkapnya.

Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto memastikan kewajiban Pemerintah Kota Bekasi melakukan pembayaran kompensasi sebesar Rp155 miliar dengan melaksanakan tahapan pengalokasian anggaran mulai akhir tahun 2023.

”Jadi tim kecil kita akan merumuskan tahapan-tahapan yang akan kita lakukan terkait dengan proses pemisahan aset, termasuk pembayaran kompensasi yang mulai kita bahas di anggaran biaya tambahan akhir tahun ini, semoga bisa segera diselesaikan,” katanya.

Tri mengaku bersyukur setelah bertahun-tahun diupayakan, akhirnya pemisahan ini dapat diselesaikan dengan cara yang tepat.

”Kami juga bersyukur layanan kami bisa meningkat, kemudian penerimaan, APBD kita juga ada pertumbuhan, dan yang terpenting ada pendekatan dari pelayanan yang ada,” ujarnya.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim mengatakan dengan penyerahan tiga wilayah pelayanan ke Pemkot Bekasi, jumlah pelanggan perusahaan pelat merah milik Kabupaten Bekasi itu berkurang sebanyak 19.000 sambungan pelanggan.

”Total ada 19.000 sambungan langganan yang selama ini menjadi pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi, kemudian total 74 pegawai yang bekerja di tiga aset yang diserahkan, dengan skala rasio 1.000 banding empat,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)