Komnas HAM Minta Menpora Sudahi Prahara Sepak Bola

Rabu, 08 Juli 2015 - 20:55 WIB
Komnas HAM Minta Menpora Sudahi Prahara Sepak Bola
Komnas HAM Minta Menpora Sudahi Prahara Sepak Bola
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Siane Indriani meminta kepada pemerintah, dalam hal ini Menpora, untuk tidak berlarut-larut dalam melancarkan sepak terjangnya di dunia sepak bola tanah air. Menurutnya, bila Menpora terus melakukan pembiaran dengan semua kesulitan yang kini dirasakan para pelaku sepak bola di Indonesia, bukan tidak mungkin bila Menteri asal Madura ini kemudian dikategorikan telah melakukan pelanggaran HAM.

''Berpotensi (melanggar HAM) jelas, karena banyak orang yang menggantungkan hidupnya di sepak bola harus kehilangan hak untuk mendapatkan penghasilan. Tapi kalau dibiarkan berlama-lama hal ini bisa menjadi sebuah pelanggaran HAM,'' ujar Siane kepada Sindonews, Rabu (8/7/2015). (Baca juga: Imam Nahrawi Lakukan Pelanggaran HAM)

Menurut Siane, dampak dari berhentinya semua kegiatan sepak bola di tanah air sebenarnya bukan saja berdampak pada urusan perekonomian. Namun hal ini juga membuat banyak pemuda kehilangan tempat untuk menyalurkan ekspresi mereka.

''Hal ini harusnya tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Karena ini bukan soal mereka yang tidak bisa mencari nafkah, tapi ada banyak anak muda yang kemudian kehilangan tempat untuk mengekspresikan minat mereka, seperti suporter dan para pemain muda,'' ucap Siane.

''Kalau tidak ada lagi tempat bagi para pemuda untuk menyalurkan ekspresi mereka kan juga bisa berbahaya. Kalau nantinya mereka malah beralih ke hal yang negatif, kan juga pada akhirnya yang harus bertanggung jawab adalah negara,'' sambungnya.

Hingga saat ini, konflik yang terjadi antara PSSI dan Menpora tampaknya masih sangat jauh dari kata usai. Pasalnya, Menpora yang merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah, nyatanya tidak juga mau menurunkan tensi dengan duduk satu meja dengan para pengurus federasi sepak bola Indonesia.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5130 seconds (0.1#10.140)