Abbas: Diam-diam Hamas dan Israel Lakukan Negosiasi

Senin, 13 Juli 2015 - 16:13 WIB
Abbas: Diam-diam Hamas dan Israel Lakukan Negosiasi
Abbas: Diam-diam Hamas dan Israel Lakukan Negosiasi
A A A
RAMALLAH - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut Hamas dan Israel sejatinya sudah beberapa kali melakukan negosiasi rahasia. Negosiasi ini, menurut Abbas sudah berjalan sangat lama, dengan dukungan dari mantan Presiden Mesir Mohammad Morsi.

Abbas yang berbicara kala melakukan wawancara dengan harian Roz Al-Youssef, menyebut tujuan utama dari negosiasi itu adalah pembentukan negara Gaza. Israel, lanjut Abbas bersedia memberikan sebagian besar wilayah Gaza kepada Hamas, yang kelak akan dijadikan negara.

"Sekarang ada pembicaraan langsung antara Hamas dan Israel mengenai pembentukan negara Gaza (oleh) Hamas, persiapan permbicaran ini dimulai pada masa Ikhwanul Muslimin (Morsi) berkuasa," kata Abbas, seperti dilansir Arutz Sheva pada Senin (13/7/2015).

Dirinya juga menuturkan, bahwa kala itu Morsi sempat menuturkan kepada dirinya bawa Mesir akan memberikan beberapa kilometer wilayah Sinai kepada Hamas. Namun, Abbas menegaskan langsung menolak tawaran tersebut.

"Pada saat itu saya mengatakan, bahwa saya tidak menginginkan tanah Mesir, dan menekankan bahwa tanah Mesir adalah milik warga Mesir dan tanah Palestina adalah milik warga Palestina," sambungnya.

Hamas sendiri sejatinya sudah beberapa mengeluarkan pernyataan yang menolak bahwa mereka memiliki hubungan dan kerap melakukan negosiasi rahasia dengan Israel, termasuk negosiasi rahasia saat perang besar terjadi di Gaza satu tahun lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3983 seconds (0.1#10.140)