Dua Mal Milik LMIR Trust Raih Sertifikasi Green Building EDGE

Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:39 WIB
loading...
Dua Mal Milik LMIR Trust Raih Sertifikasi Green Building EDGE
Sun Plaza yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara.
A A A
JAKARTA - Dua mal yang dimiliki oleh Lippo Malls Indonesia Retail Trust(LMIR Trust) memperoleh sertifikasi green building EDGE. Kedua pusat perbelanjaan tersebut yakni Lippo Mall Puri dan Sun Plaza.

Sertifikasi bangunan hijau ini pertama kali diterima oleh portofolio ritel PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) yang merupakanpemegang saham dengan kepemilikan 47,0% di LMIR Trust. Lippo Mall Puri sendiri terletak dikawasan St. Moritz Jakarta, sebuah kawasan terpadu terbesar di Jakarta Barat, dan Sun Plazaterletak di Medan, Sumatera Utara.

EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) adalah standar bangunan hijau dan sistemsertifikasi global yang dikembangkan oleh International Finance Corporation (IFC), anggotaGrup Bank Dunia. Sertifikasi EDGE diberikan kepada bangunan yang menunjukkan efisiensisumber daya minimal 20% dalam hal energi, air, dan energi yang terkandung dalam materialdibandingkan dengan bangunan konvensional. Di Indonesia, sertifikasi EDGE dikeluarkan olehGreen Building Council Indonesia (GBCI).

(Baca juga:Terapkan Green Building, Ini Dia Penampakan Gedung Kementerian PUPR)

Seperti diketahui, penerapan sistem dan tindakan hemat energi telah menghasilkan penghematanenergi sebesar 21% di Lippo Mall Puri dan 24% di Sun Plaza. Sementara itu, penggunaan keranhemat air dan sistem penampungan air hujan telah menghasilkan penghematan air sebesar 31% diLippo Mall Puri dan 35% di Sun Plaza. Inisiatif-inisiatif ini menghasilkan penghematan biayautilitas sebesar Rp9.087,43 miliar dan Rp8.495,41 miliar per tahun untuk Lippo Mall Puri danSun Plaza.

“Kami sangat bangga karena dua mal terbesar dibawah naungan LMIR Trust, Lippo Mall Puri dan Sun Plaza, telah memperoleh EDGE GreenBuilding Certification,” ujar Group CEO LPKR John Riady dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/2/2023).

(Baca juga:Jokowi Tinjau Penerapan Smart City dan Green Building di BSD City)

Menurut John Riady, sertifikasi ini menjadi tonggak penting bagi perjalanan keberlanjutan LPKR danLMIRT. “Sebagai pengembang dan operator mal terbesar di Indonesia, kami berkomitmen untukmelakukan langkah signifikan dalam meningkatkan efisiensi sumber daya dengan menerapkandesain yang berkelanjutan dan praktik-praktik terbaik di bidang lingkungan hidup dalam setiapkegiatan operasional kami,” katanya.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)