Punya Memphis Depay, Van Gaal Terapkan Skema False 9?

Jum'at, 31 Juli 2015 - 21:01 WIB
Punya Memphis Depay, Van Gaal Terapkan Skema False 9?
Punya Memphis Depay, Van Gaal Terapkan Skema False 9?
A A A
MANCHESTER - Keberadaan Memphis Depay di skuat Manchester United diakui Louis van Gaal jadi pelengkap taktik yang akan diterapkannya musim depan. Pemain asal Belanda itu dinilai bisa memberi kreasi di lini tengah The Red Devils, termasuk menggunakan skema False 9 atau mendorong gelandang jadi penyerang.

Musim lalu, Van Gaal menerapkan taktik 3-5-2 atau 4-1-4-1. Namun di paruh kedua musim, tepatnya pada Februari, mantan arsitek Timnas Belanda itu mengganti formasi jadi 4-3-3 yang ternyata membuat United malah tampil lebih trengginas.

Dilansir Belfastlive, Jumat (31/7/2015), kedatangan Depay ternyata membuat Van Gaal siap bereksperimen dalam taktik 4-3-3. Meski sang pemain lebih potensial sebagai sayap, Van Gaal justru lebih tertarik menempatkannya sebagai gelandang yang berdiri di depan seorang striker alias False 9. (Baca Juga: Schweinsteiger Masuk, Ini Prediksi Line Up United)

"Terkadang, gelandang berada di depan striker bukanlah hal yang buruk sebab Anda butuh varian dalam membangun serangan. Saya menyukai itu dan sempat bertanya, khususnya pada Memphis," beber Van Gaal.

"Itu bisa saja diisi Carrick, Schweinsteiger atau Morgan (Schneiderlin) sesekali, tetapi lebih banyak Depay yang akan mengisi. Itu tergantung siapa lawan kami," tambahnya.

Wajar rasanya Van Gaal bakal mendorong Depay jadi striker bayangan. Pasalnya, hanya Wayne Rooney satu-satunya penyerang murni yang dimiliki United musim ini.

Sekadar info, taktik False 9 atau mendorong seorang gelandang berperan jadi striker kembali dipopulerkan Timnas Spanyol di ajang Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Ketika itu, Cesc Fabregas diplot sebagai pemain depan menemani Fernando Torres yang jadi striker tunggal dalam formasi 4-5-1 racikan pelatih Vicente Del Bosque.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5707 seconds (0.1#10.140)