7 Kuliner Khas Danau Toba, Terkenal Enak dan Wajib Dicicipi

Selasa, 21 Februari 2023 - 13:28 WIB
loading...
7 Kuliner Khas Danau Toba, Terkenal Enak dan Wajib Dicicipi
Terdapat sejumlah kuliner yang wajib dicicipi di Danau Toba. Salah satunya ikan mas arsik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kuliner yang wajib dicicipi di Danau Toba . Danau yang terletak di kawasan Sumatera Utara itu merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas yang diteteapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Danau Toba terbentang luas hingga tujuh kabupaten, di antaranya adalah Toba Samosir, Simalungun, Humbang Hasanudin, Tapanuli Utara, Karo, Samosir dan Dairi. Destinasi yang berbasis wisata alam ini akan menawarkan berbagai keindahan budaya batak yang masih kental hingga sekarang.

Baca juga : Kemenparekraf Ajak Eksplorasi Keindahan Destinasi Super Prioritas Manado-Likupang

Saat berkunjung ke Danau Toba tak lengkap rasanya ketika tidak mencicipi berbagai kuliner khas batak. Namun tidak seperti makanan Sumatera lainnya, masakan khas bBtak ini lebih menampilkan tradisi memasak yang unik yakni dari suku bangsa Austronesia.

Berikut tujuh kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Danau Toba:

1. Sasagun

Sasagun merupakan salah satu kuliner khas batak yang harus di coba. Kuliner yang satu ini didominasi dengan rasa yang manis dan gurih karena terbuat dari tepung beras yang disangrai dengan tambahan kelapa dan gula aren.

Dengan bahan tersebut menjadikan makanan yang satu ini kaya akan karbohidrat, sehingga cocok jika dijadikan menu sarapan pagi. Untuk menambah cita rasanya, sasagun juga bisa dicampur dengan tambahan lainnya seperti durian, nanas dan kacang sangrai.

2. Ikan Mas Arsik

Ikan Mas Arsik merupakan masakan ikan mas yang dipanen langsung dari Danau Toba. Sisik ikan yang masih utuh pada saat ikan dimasak akan menambah keunikan kuliner yang nikmat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)