Bahaya Air Radiator Bocor Bisa Bikin Mesin Jebol

Selasa, 21 Februari 2023 - 13:59 WIB
loading...
Bahaya Air Radiator Bocor Bisa Bikin Mesin Jebol
Bahaya Air Radiator Bocor . FOTO/ CARSCOOPS
A A A
JAKARTA - Bahaya air radiator bocor bisa mengakibatkan mesin jebol karena over head. Sebagai sistem pendingin yang sangat dibutuhkan mobil untuk mengatasi panasnya mesin. Air radiator berperan untuk membantu mesin bekerja dengan baik sesuai dengan suhu yang seharusnya.


Tahukah Anda mengapa radiator yang bocor itu berbahaya? Radiator yang bocor menyebabkan mobil overheat. Dalam hal ini, kebocoran sering terjadi pada pompa air radiator.

Demi keselamatan, sangat disarankan mengganti air radiator setiap 40.000 km atau ketika air radiator kotor.

Ketika air radiator bermasalah mesin mobil Anda akan mengalami overheat, artinya berada dalam bahaya. Apalagi Anda memaksakan untuk mengendarai dengan kondisi seperti ini, secara tidak langsung Anda merusak mobil Anda sendiri.

Bahkan mobil Anda bisa mogok di tengah jalan dan kemungkinan menimbulkan kebocoran pada sistem pendingin, sehingga mesin sulit dihidupkan. Kondisi ini biasanya oli akan bercampur dengan air atau air masuk ke ruang bakar mesin.

Kemungkinan terburuk berikutnya adalah ketika mesin dengan kondisi overheat dan dipaksa jalan dengan oli yang tinggal sedikit bisa mengakibatkan mesin macet, maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan mesin karena oli yang mengering.

Ketika mesin mobil bermasalah, maka terdapat beberapa suku cadang yang harus diganti.

Dengan demikian, memeriksa radiator secara teratur penting untuk menghindari kondisi mesin overheat.

Terdapat juga empat penyebab radiator mobil bocor, seperti:

1. Umur Radiator
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)