Temui Rezim 'Diktator', Messi Menuai Kecaman

Senin, 03 Agustus 2015 - 19:30 WIB
Temui Rezim Diktator, Messi Menuai Kecaman
Temui Rezim 'Diktator', Messi Menuai Kecaman
A A A
LIBREVILLE - Kunjungan Lionel Messi ke Gabon dalam rangka kemanusiaan ternyata berbuntut panjang. Penyerang Barcelona itu dikecam karena berfoto bersama Presiden Gabon Ali Bongo Ondimba yang disebut-sebut sebagai diktator negara tersebut .

Messi terekam tengah bersalaman dengan Ali Bongo disela-sela kunjungannya ke negeri yang berbatasan dengan Republik Kongo dan Kamerun tersebut. Adegan tersebut terjadi ketika Messi mengikuti acara seremonial peletakan batu pertama pembangunan venue untuk putaran final Piala Afrika 2017 yang akan digelar di negara tersebut.

Marca melaporkan, foto tersebut ternyata mengundang kemarahan Yayasan Hak Asasi Manusia (HRF) yang menilai Messi mendukung rezim Ali Bongo. Rezim tersebut diduga telah melakukan kecurangan pemilu di masa lalu, serta pelanggaran hak asasi manusia, termasuk penolakannya dalam penyelidikan pembunuhan anak-anak.

"Dalam memberikan layanan untuk keluarga Bongo, Lionel Messi telah merusak kredibilitas yayasan amalnya sendiri," kata Presiden Yayasan Hak Asasi Manusia, Thor Halvorssen, dikutip Marca, Senin (3/8/2015)

"Mengingat Messi mengaku mendukung hak-hak anak, dan bahkan bertugas sebagai duta UNICEF ​​untuk mempromosikan pendidikan anak-anak, dia justru mendukung rezim kleptokratis yang menolak untuk diselidiki terkait pembunuhan anak di Gabon," lanjut Halvorssen. (Baca juga : Ada Jimat di Tubuh Lionel Messi)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5682 seconds (0.1#10.140)