Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris

Selasa, 04 Agustus 2015 - 21:31 WIB
Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris
Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris
A A A
LONDON - Sepanjang sejarah 23 tahun bergulirnya Liga Inggris, telah banyak rekor yang dipecahkan oleh berbagai pemain kelas dunia yang pernah merumput di kompetisi Negeri Elizabeth. Sejak dibentuk pada 1992, Liga Inggris tidak pernah berhenti melahirkan banyak pemain hebat dan momen spektakuler yang melibatkan banyak rekor tercipta. Sosok seperti Thiery Henry, Frank Lampard dan Alan Shearer adalah beberapa nama yang pernah menorehkan sejarah.

(Baca Juga: 10 Pemain dengan Label Penghianat di Liga Primer)

Kecepatan Henry dalam merobek jala lawan adalah salah satu momen yang kerap menghiasi Liga Inggris pada eranya. Sementara Shearer adalah legenda Inggris yang pernah bersinar bersama beberapa klub seperti Newcastle United dan Blackburn Rovers. Mengenang terbentuknya Liga Inggris, berikut daftar perusak rekor di Liga Inggris:

1. Thierry Henry Cetak Rekor 150 Gol Arsenal

Laga melawan Middlesbrough tepatnya pada 4 Januari 2006, menjadi bukti ketajaman Henry hingga membuatnya dijulungi King Henry oleh para pendukung setia The Gunners -julukan Arsenal-. Dalam kemenangan telak skuat besutan Arsene Wenger dengan skor 7-0 kontra Middlesbrough, Henry menyumbang dua gol yang diawali saat meneruskan dengan sempurna umpan silang Freddie Ljungberg.

Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris


Henry kemudian menunjukkan kecepatannya pada menit ke 68 untuk melewati barisan pertahanan The Boro -julukan Middlesbrough- untuk mencetak gol kedua pada laga tersebut. Raihan tersebut terasa spesial karena Henry telah menyumbang 150 gol untuk Meriam London sejak pertama kali bergabung pada 1999.

2. Alan Shearer Lampaui Rekor Jackie Milburn

Fans Newcastle telah lama menyaksikan pesona Alan Shearer sebagai seorang penyerang dengan naluri alami di kotak terlarang dan pertandingan kontra Portsmouth pada 4 Februari 2006 menjadi saksi sang legenda menyandang status pencetak gol sepanjang masa The Magpies -julukan Newcastle-. Saat itu Shearer mengaku tidak memikirkan untuk pecahkan rekor Jackie Milburn, lantaran klubnya hanya terpaut enam poin dari zona degradasi.

Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris


Tapi Shearer mencetak gol untuk mengunci kemenangan 2-0 di St James' Park dan ia mengaku merasa lega dapat melakukannya. Shearer yang juga menyandang pemain terbaik pada laga itu mengatakan: "Saya bisa tidur nyenyak sekarang karena tidak lagi punya tekanan"

3. Frank Lampard Rusak Rekor Bobby Tambling

Tepatnya pada 11 Mei 2013 dalam laga kontra Aston Villa, gelandang asal Inggris, Frank Lampard akhirnya mampu menjadi pencetak gol Chelsea sepanjang masa usai melesatkan dua gol ke gawang Villa. Dua gol Lampard membuat dirinya mampu memecahkan rekor Bobby Tambling yang mengoleksi 202 gol. Kini rekor tersebut jatuh ke tangan Lampard usai dirinya mampu mencetak 203 gol sejak didatangkan ke Stamford Bridge pada tahun 2001 silam.

Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris


Bobby Tambling kala itu harus merelakan gelarnya dipecahkan oleh Lampard. Tambling memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea sejak tahun 1970 hasil dari 202 gol dalam 307 pertandingan di kurun waktu 12 tahun. Saat itu tidak hanya sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea, Lampard juga menempati peringkat keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris dengan raihan 165 gol.

4. Ian Wright Lewati Rekor Cliff Bastin

Ian Wright menegaskan reputasinya sebagai penyerang dengan finisher alami saat Arsenal menghadapi Bolton pada 13 September 1997. Wright mematenkan diri dalam buku sejarah Arsenal setelah melalui satu hari gemliang di Highbury. Striker elegan ini butuh waktu empat pekan untuk mengelabui rekor 178 gol Bastin.

Wright seperti menemui anti-klimaks ketika Alan Thompson memberi Bolton keunggulan di Hughbury, akan tetapi pada akhirnya Wright dengan spartan sukses menuntaskan sodoran manis dari partner-nya di lini depan, Dennis Bergkamp, untuk menyeimbangkan skor setelah 20 menit pertandingan. Wright kemudian hanya perlu menunggu lima menit untuk kembali menamakan diri di papan skor.

Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris


Rekor sudah terkangkangi, tapi Wright seperti belum puas. Dia menggenapkan hattrick sekaligus memastikan kemenangan 4-1 di babak kedua. Wright mengakhiri perjalanan panjangnya di Arsenal dengan mengemas total 185 gol dari 288 pertandingan yang dilakoni.

5. Skor Tertinggi Sepanjang Liga Inggris, Portsmouth 7-4 Reading

Jika Anda masih mencari alasan mengapa Liga Inggris adalah kompetisi paling menarik di dunia, ada bisa melihatnya pada pertandingan ini. 11 gol tercipta pada pertandingan 90 menit yang mempertemukan Portsmouth kontra Reading pada 29 September 2007. Semusim sebelumnya, Reading menjadi tim promosi penuh kejutan.

Lima Momen Perusak Rekor di Liga Inggris


The Royals menempati posisi delapan Liga Inggris 2006-2007. Namun pada musim berikutnya, Reading mengalami nasib menyedihkan dan menjadi bulan-bulanan. Mereka dibantai 7-4 oleh Portsmouth, dua bulan kemudian giliran Tottenham Hotspur yang memerkosa Reading dengan skor 6-4. Reading akhirnya terdegradasi ke Championship karena cuma berada di posisi 18.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5932 seconds (0.1#10.140)