Ajax Disingkirkan Rapid: Alarm Bahaya Sepak Bola Belanda

Rabu, 05 Agustus 2015 - 15:46 WIB
Ajax Disingkirkan Rapid: Alarm Bahaya Sepak Bola Belanda
Ajax Disingkirkan Rapid: Alarm Bahaya Sepak Bola Belanda
A A A
AMSTERDAM - Juara Liga Champions Eropa empat kali Ajax Amsterdam secara mengejutkan tersingkir di babak ketiga Liga Champions 2015/2016. Runner-up Eredivisie musim lalu itu dihukum Rapid Vienna setelah menyerah 2-3 di leg kedua di Amsterdam Arena, Selasa (4/8/2015).

Setelah imbang 2-2 pada leg pertama di Ernst-Happel-Stadion, Vienna, Austria, pekan lalu, Ajax difavoritkan untuk melaju ke babak play-off. Namun, Pasukan Frank De Boer justru dipermalukan runner-up Bundesliga Austria itu di depan publik sendiri.

Tertinggal 0-2 di babak lewat gol Rober Beric pada menit ke-12, dan Louis Schaub menit ke-39, Ajax baru bisa membalasnya di babak kedua melalui Arkadiusz milik (52) dan Nemanja Gudelj (75). Namun, Schaub mengubur mimpi Ajax yang terakhir kali lolos ke fase grup pada musim 2009/2010.

"Ini sangat menyedihkan, bagi kami dan sepak bola Belanda," kata De Boer seusai laga. "Awalnya, saya merasa bahwa tim muda ini bisa membuat perbedaan, sayangnya ini tidak terjadi. Saya bertanggung jawab atas kekalahan ini."

Dengan tersingkirnya Ajax di babak ketiga Liga Champions, maka mereka terlempar ke kompetisi Liga Europa 2015/2016. "Ini merupakan pukulan yang mengerikan bagi semua orang yang mencintai Ajax. Kami menatap ke depan. Liga Europa sangat penting bagi kami karena sangat krusial untuk bermain di kompetisi Eropa," imbuhnya.

Sementara hasil lainnya, AS Monaco melaju ke babak play-off setelah menang atas Young Boys 4-0 (agregat 7-1). (Baca juga: El Shaarawy; Debut Kandang Impian dan Gol Fantastis di Stade Louis II). Hasil poisitif juga diraih APOEL yang unggul dalam agretivitas gol tandang setelah memetik agregat 2-2 (1-2, 1-0). (Baca juga: Hasil Lengkap Pertandingan Babak Ketiga Kualifikasi Liga Champions).

jairo riedewald-ajax amsterdam
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5649 seconds (0.1#10.140)