Profil Asep Saepudin Jahar, Rektor UIN Jakarta Terbaru

Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:34 WIB
loading...
Profil Asep Saepudin Jahar, Rektor UIN Jakarta Terbaru
Asep Saepudin Jahar merupakan seorang profesor yang baru dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Asep Saepudin Jahar merupakan seorang profesor yang baru dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta . Pelantikan dilakukan oleh Menteri AgamaYaqut Cholil Qoumas.

Asep Saepudin Jahar dilantik sebagai Rektor UIN Jakarta menggantikan pendahulunya yakni, Amany Lubis yang sudah memasuki usia pensiun. Diketahui dirinya merupakan salah satu dari 17 nama calon rektor yang diajukan ke menteri agama.

Acara pelantikan tersebut dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta, Rabu (1/3/2023). Dalam acara pelantikannya telah dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali dan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani.

Baca juga : Profesor Asep Saepudin Jahar Dilantik Jadi Rektor UIN Jakarta Gantikan Prof Amany Lubis

Dalam riwayat jabatannya, Asep mengawali jabatan struktural di UIN Syarif Hidayatullah sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) periode 2019-2023.

Namun jabatan tersebut tak lama disandangnya lantaran beliau diangkat menjadi Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta Pengganti Antar Waktu (PAW) periode 2019-2023. Kala itu, Asep menggantikan Jamhari Makruf yang saat ini diangkat menjadi Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UII).

Sebelum dua jabatan itu, diketahui Asep juga pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta pada periode 2015 sampai dengan 2019 menggantikan Prof M. Amin Suma.

Selain menduduki sejumlah jabatan struktural di UIN Jakarta, Asep adalah seorang Guru Besar bidang Sosiologi Hukum Islam. Beliau mengampu beberapa mata kuliah di antaranya Introduction to Islamic Law, Islamic Personal and Public Law, Theories and Methods of Islam Law, Comparative Islamic Family Law, dan Contemporary Fatwas in the Muslim World.

Asep Saepudin Jahar merupakan pria kelahiran Pandeglang, Banten pada 16 Desember 1969. Masa kecil hingga remaja telah dihabiskan di Menes, Pandeglang.

Baca juga : Rektor UIN Jakarta dan Menag Bahas Alih Status PTN Badan Hukum
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)