Sadis, Chelsea 'Buang' 26 Pemain di Awal Kompetisi

Kamis, 27 Agustus 2015 - 07:03 WIB
Sadis, Chelsea Buang 26 Pemain di Awal Kompetisi
Sadis, Chelsea 'Buang' 26 Pemain di Awal Kompetisi
A A A
LONDON - Guyuran pundi-pundi materi yang Roman Abramovich berikan membuat Chelsea secara mudah bisa merekrut pemain-pemain bintang berkualitas. Nama-nama besar seperti Eden Hazard, Diego Costa, Cesc Fabregas, serta Pedro Rodriguez sukses didatangkan oleh klub yang bermarkas di Stamford Bridge Stadium tersebut.

Namun keputusan itu menjadikan skuat Chelsea sesak kelebihan pemain. Karenanya mereka terpaksa melepas personel-personel bertalenta ke klub lain dengan status pinjaman.

Seperti dilansir Daily Mail, tercatat ada 26 pemain berbakat yang dipinjamkan ke klub lain. Kebijakan seperti itu sudah diterapkan sejak beberapa tahun lalu dan hasilnya, lahirlah pemain berkualitas seperti Thibaut Courtois yang sempat memperkuat Atletico Madrid.

Berikut Sindonews rangkum 26 pemain yang dipinjamkan Chelsea ke sejumlah klub di kawasan Eropa:

1. Matej Delac (Kiper) - FK Sarajevo
Kiper asal Bosnia ini dilepas ke kampung halamannya. Delac yang direkrut pada 2010 ketika ia masih berusia 23 tahun kini bermain untuk Sarajevo. Sebelumnya, pemain yang tidak pernah masuk ke skuat inti Chelsea itu dipinjamkan ke Vitesse, Dynamo Ceska, GuimarĂ£es, Inter Zapresic, dan Arles-Avignon.

2. Tomas Kalas (Bek) - Middlesbrough
Bek kanan belia berkebangsaan Republik Ceko ini sebenarnya memiliki reputasi yang cukup menjanjikan. Bahkan The Blues harus merogoh kocek hingga 5,2 juta pounds demi memboyongnya di usia yang baru menginjak 17 tahun.

Sayangnya Kalas gagal merebut tempat di skuat utama Chelsea. Musim lalu ia menjalani masa peminjaman di Koln dan kini dirinya tampil untuk Middlesbrough.

3. Andreas Chrsitensen (Bek) - Borussia Monchengladbach
Bermain di posisi bek tengah dan dianugerahi postur fisik yang tinggi seperti John Terry, Gary Cahill serta Branislav Ivanovic tidak menjaminnya untuk berada di skuat utama Chelsea. Pemain yang telah mengantongi dua caps bersama tim nasional Denmark itu akhirnya hijrah ke Bundesliga dan tampil bersama Borussia Monchengladbach dengan status pemain pinjaman.

4. Kenneth Omeruo (Bek) - Kasimpasa
Anggota tim nasional Nigeria yang menjuarai Piala Afrika 2013 ini juga gagal merebut jatah di skuat utama The Blues. Karenanya Chelsea membuka pintu keluar bagi sang pemain dan kini ia pindah ke klub asal Turki, Kasimpasa.

5. Alex Davey (Bek) - Peterborough United
Pemain yang tergabung dalam skuat tim nasional Skotlandia U-19 ini pernah membawa Chelsea meraih gelar FA Cup Youth 2012 lalu. Namun pemain berusia 20 tahun ini harus melewati musim lalu di Scunthorpe United. Kini dirinya kembali dilepas dengan status pinjaman dan Peterborough United jadi klub yang bersedia menampungnya.

6. Cristian Cuevas (Bek) - Sint. Truidense VV
Langkah mengejutkan diambil Chelsea ketika mengangkut pemain bertahan berpaspor Chile tersebut. Kedatangannya dianggap tidak tepat sebab Chelsea sudah memiliki stok pengawal poros pertahanan yang cukup berlimpah. Alhasil, dirinya pun dipinjamkan ke Vitesse Arnhem, FC Eindhoven, Universidad de Chile dan kini bertolak ke Belgia guna memperkuat Sint Truidense.

7. Wallace (Bek) - Carpi
Pemain ini direkrut dari Fluminense pada tahun 2013 lalu. Sangat jarang dia tampak berlatih bersama Chelsea. Dirinya pernah membela Inter Milan. Namun Wallace tetap tak memperoleh kesempatan. Tahun lalu dia hengkang ke Vitesse Arnhem. Sedangkan musim ini, dia menjatuhkan pilihan hatinya pada klub promosi Liga Italia, Capri.

8. Todd Kane (Bek) - NEC Nijmegen
Cedera yang menimpanya menghambat laju mantan kapten Chelsea U-21 ini. Musim 2012/2013 dia pernah dipinjamkan ke Blackburn Rovers yang bermain di Divisi Championship. Kini dirinya tengah menjalani musim peminjaman kelima bersama klub Liga Belanda, NEC Nijmegen.

9. Nathan Ake (Gelandang) - Watford
Gelandang berusia 20 tahun ini sempat digadang-gadang sebagai titisan Ruud Gullit. Musim lalu klub di Divisi Championship, Reading pernah menggunakan jasanya. Kepindahannya ke klub Liga Inggris, Watford diharapkan mampu mendongkrak performanya, sebelum menembus skuad utama Chelsea di musim yang akan datang.

10. Jordan Houghton (Gelandang) - Gillingham
Pria kelahiran Chertsey ini adalah personel tim nasional Inggris U-20. Kediamannya yang berada dekat akademi sepak bola Chelsea, membuatnya memutuskan untuk menempa ilmu di sana. Dirinya membantu Chelsea menjuarai FA Cup Youth pada era Adi Viveash. Namun sayang, kin, dirinya dibuang ke klub League One, Gillingham.

11. Marco Van Ginkel (Gelandang) - Stoke City
Pemain berbanderol 8 juta pounds yang digaet Chelsea dari Vitesse ini mengalami kesulitan menembus skuat utama. Keadaan diperparah saat ia mengalami cedera lutut serius beberapa waktu lalu. Pemain yang tampil dua kali bersama tim nasional Belanda tersebut, akhirnya dipinjamkan ke AC Milan pada musim lalu dan berlanjut ke Stoke City di musim 2015/2016.

12. Mario Pasalic (Gelandang) - AS Monaco

Pemain Kroasia keturunan Jerman yang mengaku mengidolakan Frank Lampard ini, melakoni banyak partai di luar Stamford Bridge. Dia tampil impresif saat memperkuat El Che musim lalu. Kini pemain berusia 20 tahun itu memutuskan hijrah ke AS Monaco.

13. Lewis Baker (Gelandang) - Vitesse Arnhem
Talenta asal Luton, Inggris ini menjalani periode peminjaman ketiga bersama dua klub berbeda yakni Sheffield Wednesday dan MK Dons. Musim lalu Mourinho sempat tertarik dengan bakatnya. Namun sang pemain tidak juga mendapat kesempatan tampil bersama Hazard dan kawan-kawan.

14. Nathan (Penyerang) - Vitesse Arnhem
Personel tim nasional Brasil U-17 ini didatangkan dari Atletico Paranaense. Hanya berselang sembilan hari, Chelsea langsung meminjam sang pemain ke klub Belanda, Vitesse Arnhem. Dirinya pernah membukukan lima gol dari lima pertandingan yang dilakoni Tim Samba di Piala Dunia U-17 dua tahun silam.

15. Danilo Pantic (Penyerang) - Vitesse Arnhem
Tenaga muda lainnya yang direkrut secara tiba-tiba, lalu dibuang kembali ke Vitesse Arnhem adalah Danilo Pantic. Meski sepat tampil gemilang bersama Partizan Belgrade, Chelsea sama sekali tidak melirik mantan kapten tim nasional Serbia U-19 ini.

16. Ulises Davila (Penyerang) - Vitoria Setubal
Bernaung di Stamford Bridge selama empat musim bukan jaminan bagi Davila bisa masuk ke tim utama. Dia telah dipinjamkan ke lima klub berbeda. Mantan amunisi tim nasional Mexico U-23 itu tidak sekali pun dilirik oleh Jose Mourinho. Vitesse Arnhem, Sabadell, Cordoba, serta Tenerife pernah menampung talenta 24 tahun tersebut.

17. Victorien Angban (Penyerang) - Sint Truidense VV
Pemain berusia 18 tahun asal Pantai Gading ini direkrut pemandu bakat Chelsea di kampung halamannya. Dirinya berposisi sebagai gelandang serang, dan bisa menjelma jadi striker. Gaya bermainnya sekilas mirip bintang Manchester City, Yaya Toure. Namun sayang, ia gagal mengikat hati Mourinho dan akhirnya dilepas ke Sint Truidense VV.

18. Marko Marin (Pemain Sayap) - Trabzonspor
Marko Marin bersinar kala berseragam Borussia Monchengladbach serta Werder Bremen. Bahkan publik Jerman, sempat menjulukinya Lionel Messi dari Jerman. Berkat kehebatannya itulah Marin diboyong Chelsea pada musim panas 2012. Tapi menumpuknya stok pemain di lini tengah membuat Marin harus rela dilepas ke sejumlah tim dengan status pinjaman.

19. Juan Cuadrado (Pemain Sayap) - Juventus
Pemain asal Kolombia ini hanya bertahan tujuh bulan bersama Chelsea. Karena dianggap gagal, Cuadrado akhirnya dilepas ke Juventus dengan status pinjaman berdurasi satu tahun.

20. Christian Atsu (Pemain Sayap) - Bournemouth
Direkrut pada tahun 2011, Christian Atsu tak pernah sekalipun membela skuat utama Chelsea. Penggenggam 40 caps bersama tim nasional Ghana itu dipinjamkan ke Vitesse Arnhem, Everton, serta Bournemouth. Dirinya telah bermain untuk timnas Ghana di putaran final Piala Dunia 2014, serta Liga Champion saat masih berkostum FC Porto.

21. Isaiah Brown - Vitesse Arnhem
Izzy, sapaan akrab Brown membuat debut profesional bersama West Bromwich Albion. Ia juga telah membuat debutnya bersama Chelsea ketika berhadapan dengan mantan klubnya tersebut. Baru-baru ini juga dirinya melakoni laga perdana berseragam Vitesse Arnhem, saat wakil Belanda itu bersua Southampton di kualifikasi Europa League.

22. Mohamed Salah (Pemain Sayap) - AS Roma
Pemain berkebangsaan Mesir ini hijrah ke Chelsea setelah menunjukkan performa impresif bersama FC Basel. Gelontoran uang sebesar 11 juta pounds pun diguyurkan guna memboyongnya ke London.

Namun, sejak Februari 2014 ia seolah menghilang dengan hanya menorehkan 19 penampilan. Hingga akhirnya dia dijadikan opsi barter untuk mendatangkan Juan Cuadrado dari Fiorentina. Sekarang Salah kembali dilepas dan kali ini tujuannya adalah AS Roma.

23. Patrick Bamford (Penyerang) - Crystal Palace
Total 17 gol yang dicatatkannya bersama Middlesbrough menjadikan Patrick Bamford sebagai komoditas potensial di masa depan. Talenta asal Grantham harus membuktikan bahwa dirinya mampu mempertahankan produktifitasnya, jika berharap dapat didaftarkan dalam proyek Jose Mourinho.

24. Stipe Perica (Penyerang) - Udinese

Striker asal Kroasia ini bergabung dengan Udinese pada Januari lalu. Penampillannya bersama Tim Kuda Zebra juga kurang memuaskan. Namun, manajemen klub memilih memperpanjang kontrak striker ini sebagai proyek jangka panjang.

25. Dominic Solanke (Penyerang) - Vitesse Arnhem
Dominic Solanke adalah bintang muda masa depan yang sangat potensial. Di usia ke-17, ia telah mampu menyarangkan 40 gol di kompetisi level junior. Dirinya juga mengantarkan Chelsea mengangkat mahkota juara FA Youth Cup dan UEFA Youth League. Striker tim nasional Inggris U-18 menjadi pemain kelima Chelsea yang dipinjamkan ke Vitesse Arnhem musim ini.

26. Jhoao Rodriguez (Penyerang) - Sint. Truidense VV
Tidak diketahui seberapa banyak pemain muda bertalenta istimewa yang masih tersisa di gudang amunisi klub pimpinan Roman Abramovich. Seorang pemain belia berpaspor Kolombia, Jhoao Rodriguez menjadi nama berikutnya yang angkat kaki dari camp latihan Chelsea guna mendapatkan jam terbang yang mumpuni. Striker berusia 19 tahun kini bergabung dengan klub Liga Belgia, Sint. Truidense VV. Sebelumnya Jhoao pernah menimba ilmu bersama Bastia, serta Victoria Setubal.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4567 seconds (0.1#10.140)