Membongkar Kandidat Lawan Sang Juara Bertahan Liga Champions

Kamis, 27 Agustus 2015 - 06:35 WIB
Membongkar Kandidat Lawan Sang Juara Bertahan Liga Champions
Membongkar Kandidat Lawan Sang Juara Bertahan Liga Champions
A A A
BARCELONA - Barcelona sebagai juara bertahan Liga Champions memiliki kans berada satu grup dengan tiga raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City, Arsenal, atau Manchester United. Pasalnya tiga klub mahadaya tanah Britania Raya tersebut bernanung di pot pengundian grup yang berbeda.

Musim ini Barca ada di pot satu. Sedangkan tiga calon lawannya yang berasal dari Inggris tersimpan di pot dua.

Ancaman berskala masif siap menghadang langkah skuat polesan Luis Enrique dalam mempertahankan mahkota The Big Ear – julukan trofi Liga Champions. Bahaya akan hadir apabila para kuda hitam seperti Bayer Leverkusen, Borussia Moenchengladbach, VFL Wolfsburg, atau Shaktar Donetsk terpilih sebagai pelengkap grup yang bakal dihuni El Barca.

Untungnya Barcelona punya catatan bagus ketika bertemu tim asal Inggris. Musim kemarin, Andres Iniesta cs menjungkalkan skuat asuhan Manuel Pellegrini dengan keunggulan agregat 3-1. Hasil tersebut secara otomatis mengesahkan dominasi mereka atas kampiun Liga Inggris 2013/2014. Sebab, setahun sebelumnya Barcelona sanggup melumat City dengan kemenangan agregat 4-1.

Hasil positif juga diraih saat bersua Arsenal. Di musim 2009/2010, Los Blaugrana pernah menghancurkan Meriam London dengan agregat 6-3. Leg pertama di Emirates Stadium berakhir 2-2. Sedangkan leg kedua berkesudahan 4-1.

Penderitaan Arsenal berlanjut dua musim berselang. Kemenangan 2-1 yang diraih Theo Walcott cs tidak berarti sebab mereka kalah di leg yang kedua. Tampil di Estadio Camp Nou, The Gunners dibungkam dengan skor 1-3.

Bahkan jika membuka lembaran memori 10 tahun silam, klub Catalan itu pernah membuat tim London Utara menelan pil yang lebih pahit. Kala itu Barca menang 2-1 saat menghadapi skuat asuhan Arsene Wenger di final Liga Champions.

Di sisi lain, Manchester United juga memiliki rekor buruk ketika bertemu Barca dalam dua edisi final. Pada musim 2008/2009 lalu, MU keok 2-0. Dua tahun kemudian Setan Merah kembali dipermalukan dan saat itu laga berkesudahan dengan skor 3-1.

Kini, Barcelona berpeluang berjumpa lagi dengan tiga klub tersebut. Jika bukan Barcelona, mungkin saja MU, Arsenal atau City berada satu grup dengan raksasa lain seperti Juventus, Bayern Muenchen atau Paris Saint Germain.

UEFA sebagai pemilik hajatan prestisius tahunan ini, akan menyelenggarakan pengundian grup Liga Champions musim 2015/2016 di Monaco, Kamis (27/8/2015). Sebanyak 32 klub dari kawasan Eropa bakal ambil bagian dalam kompetisi paling bergengsi di benua biru tersebut.

Berikut adalah pot pengundian grup Liga Champions 2015/2016 seperti dilansir situs resmi UEFA:
Pot 1: Barcelona, Chelsea, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Paris Saint Germain, Zenit, PSV Eindhoven

Pot 2: Real Madrid, Atlético Madrid, Porto, Arsenal, Manchester United, Valencia, Bayer Leverkusen, Manchester City

Pot 3: Shakhtar Donetsk, Sevilla, Olympique Lyon, Dynamo Kyiv, Olympiakos, CSKA Moskow, Galatasaray, AS Roma

Pot 4: BATE Borisov, Borussia Mönchengladbach, Wolfsburg, Dinamo Zagreb, Maccabi Tel-Aviv, Gent, Malmö, Astana
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7842 seconds (0.1#10.140)