Dengan Modal Minim, Roma Dapatkan 11 Pemain Hebat

Selasa, 01 September 2015 - 15:59 WIB
Dengan Modal Minim, Roma Dapatkan 11 Pemain Hebat
Dengan Modal Minim, Roma Dapatkan 11 Pemain Hebat
A A A
ROMA - Langkah cerdik dilakukan AS Roma pada bursa transfer musim panas 2015. Klub yang berdomisili di ibukota Italia itu sukses membawa 11 pemain baru tanpa harus menghambur-hamburkan uang seperti yang dilakukan para pesaingnya yakni AC Milan, Juventus dan Inter Milan.

Jika ditotal, Roma hanya mengeluarkan sekitar 18,5 juta euro atau setara Rp 295 miliar. Uang tersebut digunakan untuk mempermanenkan Leandro Paredes dari Boca Junior, merekrut William Vainqueur dari Dynamo Moscow dan menebus pemain 18 tahun asal Perth Glory FC, Danny de Silva.

Sisanya, Roma mempekerjakan delapan pemain baru dengan status pinjaman. Pertama ada Edin Dzeko yang dioboyong dari Manchester City. Kubu I Lupi meminjam sang pemain selama satu musim dengan kewajiban mempermanenkannya di pertengahan tahun depan. Untuk menegaskan status Dezko, Roma nantinya wajib menyerahkan uang senilai 11 juta euro.

Selain Dzeko, bintang Liga Premier Inggris yang mendarat di Roma adalah Mohamed Salah dan Wojciech Szczesny. Salah didatangkan dari Chelsea, sedangkan Szczesny dari Arsenal. Keduanya sama-sama dipinjam hingga akhir musim 2015/2016.

Pemain pinjaman Roma lainnya adalah Iago Falque, Lucas Digne, Nobert Gyömbér, Antonio Rüdiger dan Victor Ibarbo. Meski tidak memiliki nama besar, kelima pemain tersebut punya kualitas yang cukup mengesankan.

Sementara itu Roma berhasil mengantongi 63 juta euro hanya dengan menjual enam pemain. Pemasukan terbesar datang dari AC Milan yang merekrut Alessio Romagnoli serta Andrea Bertolacci.

Oleh Roma, Romagnoli dijual seharga 25 juta euro atau setara Rp 398 miliar. Sementara Bertolacci dilepas dengan harga 20 juta euro atau Rp 319 miliar.

Empat pemain lain yang dijual adalah Jose Holebas, Mapou Yanga-Mbiwa, Junior Tallo dan Mattia Destro. Holebas dibeli Watford dengan nilai 2,5 juta euro atau Rp 39 miliar. Sementara Tallo yang tidak pernah masuk skuat inti Roma dijual ke Lille seharga 1 juta euro atau berkisar Rp 15 miliar.

Destro, pemain yang sempat dipinjamkan ke AC Milan dibuang ke Bologna dengan nilai transfer 6,5 juta euro atau Rp 103 miliar. Sedangkan Yanga-Mbiwa, ia pulang kampung ke Prancis dan membela Olympique Lyon setelah ditebus dengan biaya 8 juta auro atau Rp 127 miliar.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9289 seconds (0.1#10.140)