Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid

Selasa, 01 September 2015 - 18:28 WIB
Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid
Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid
A A A
MADRID - Situasi bola mati kerap dijadikan kesempatan mencetak gol bagi sebuah klub dalam sebuah pertandingan, free kick atau tendangan bebas menjadi salah satu posisi favorit untuk memecah kebuntuan. Bahkan tidak jarang dari kondisi tendangan bebas tercipta gol-gol spektakuler. Karena alasan ini beberapa tim kerap menyiapkan algojo khusus untuk mengeksekusi tendangan bebas, tidak terkecuali untuk Real Madrid. Demi menyempurnakan teknik tendangan mereka, beberapa pemain ini rela melakukan sesi latihan khusus.

Belakangan muncul nama-nama pemain top dunia yang diklaim sebagai spesialis tendangan bebas dan Madrid menjadi klub yang kerap menghadirkan algojo free kick kelas wahid. Pemain seperti David Beckham, Roberto Carlos hingga yang terbaru James Rodriguez adalah beberapa pemain Madrid yang kerap jadi eksekutor ketika Los Blancos -julukan Madrid- mendapatkan hadiah tendangan bebas dan berikut daftar lengkapnya.

1. Fernando Hierro

Pemain kelahiran Velez, Malaga ini adalah sosok pemain bertahan yang menjadi cikal bakal bek modern saat ini dengan karakter tidak hanya mampu menghalau serangan, tapi juga mencetak gol. Bermain selama 14 tahun buat Real Madrid selama periode 1989 sampai 2003, Fernando Hierro mengukuhkan dirinya sebagai salah satu bek paling subur di dunia. Dapat bermain di posisi bek tengah ataupun gelandang bertahan, Hierro sudah mencetak 102 gol dari 439 kali tampil berseragam El Real.

Pemain yang lahir pada 23 Maret 1968 lalu itu menjadi satu palang pintu handal Los Blancos sepanjang masa. Urusan produktivitas, Hierro pernah mencetak rekor spektakuler dengan mencetak 21 gol di musim 1991-1992 dengan hanya terpaut 2 gol dari pencetak gol terbanyak Liga Spanyol musim tersebut, Manolo (23 gol). Ketajaman Hierro tidak terlepas dari pilihan sang pelatih yang kerap menjadikannya andalan saat tim dihadiahi tendangan bebas maupun penalti.

Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid


Hierro adalah sosok spesialis tendangan bebas yang mampu membaca posisi penjaga gawang hingga menempatkan bola yang sulit dijangkau. Hierro layaknya Sanchiz yang sempat dimainkan sebagai gelandang tengah untuk membuatnya punya kesempatan mencetak gol lebih banyak. Kaki dan kepalanya kerap menghadirkan gol spesialis buat Madrid, bahkan ia sempat mencetak hattrick untuk kemenagan El Real.

2. Roberto Carlos

Bek asal Brazil yang satu ini dikenal dunia lewat tendangan kerasnya yang kerap diperagakan saat mengeksekusi tendangan bebas buat Real Madrid ataupun ketika berseragam Selecao -julukan timnas Brazil-. Sepakan melengkung Roberto Carlos saat Brasil melakoni laga melawan Prancis di turnamen Piala Konfederasi di Lyon pada 1997, mungkin jadi salah satu tendangan bebas yang paling diingat dunia.

Tak hanya pada level timnas, kepiawaian Carlos juga diperlihatkan bersama Madrid. Sosoknya adalah bek kiri yang sulit dicari tandingannya lewat 11 musim dan menyumbang 47 gol di 370 pertandingan Liga Spanyol. Total ia bermain di Real Madrid dalam 584 pertandingan dan mencetak 71 gol di semua level kompetisi, cacatan mengesankan mengingat posisi Carlos sebagai pemain bertahan.

Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid


Mayoritas gol Carlos hadir lewat sepakan bebas yang membuatnya dikenal punya tendangan roket. Pemain berkepala plontos itu konon memiliki tendangan berkecepatan 130 km/jam. Sesuatu yang akan membuat kiper lawan tunduk ketakutan setiap kali ada tendangan bebas Los Blancos. Rata-rata ia mencetak 0,12 gol perlaga dan gol terakhirnya untuk El Real terjadi saat menghadapi Recreativo Huelva musim 2006-2007.

3. Luis Figo

Spesialis tendangan bebas Madrid lainnya adalah playmaker asal Portugal, Luis Figo yang rela mendapatkan label penghianat ketika hijrah dari Barcelona menuju Los Blancos. Tak hanya punya visi bermain sebagai seorang gelandang tengah, Figo juga kerap dipercaya mengambil hadiah tendangan bebas. Kualitas Figo tidak perlu diragukan lagi lewat banyak trofi bergengsi yang dipersembahkan peraih gelar Ballon d'Or 2000 tersebut. Selama berseragam Madrid, Figo kerap menghadirkan gol lewat tendangan bebas.

Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid


4. David Beckham

Beckham memang sudah lama dikenal sebagai eksekutor ulung tendangan bebas, bahkan sewaktu masih berseragam Manchester United sebelum kemudian hijrah ke Real Madrid. Kekuatan Beckham adalah umpan silang dan tendangan bebas melengkung yang membuat namanya populer di dunia. Selama kariernya memperkuat tim ibu kota Spanyol, Beckham sudah mengoleksi 13 gol dari 116 pertandingan.

Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid


Dari total gol yang dilesatkan Beckham, tujuh diantaranya lahir lewat eksekusi sepakan besar selama berseragam El Real. Sementara sepanjang karirnya, pemain yang mengenakan nomor punggung 23 di Madrid itu sudah melesatkan 65 gol dari situasi tendangan bebas.

5. Cristiano Ronaldo

Nama terakhir mungkin yang paling layak menyandang status maestro tendangan bebas Madrid adalah Cristiano Ronaldo. Mega bintang asal Portugal itu sejauh ini menjadi pemain terbanyak Los Blancos yang mencetak gol dari tendangan bebas. Total pemain berjuluk CR7 itu sudah menyumbang 25 gol tendangan bebas dengan rincian 17 kali sepakan bebasnya merobek gawang peserta Liga Spanyol.

Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid


Sedangkan di Liga Champions, Ronaldo sudah tujuh kali mengeksekusi tendangan bebas itu dengan baik dan satu kali di Piala Raja. Gol debut mantan pemain Manchester United lewat tendangan bebas bersama Madrid terjadi di di bulan September 2009 saat berhadapan dengan Zurich di Liga Champions. Sejak saat itu, ia selalu menjadi andalan untuk eksekusi tendangan bebas.

Deretan Maestro Sepakan Bola Mati Real Madrid


Sampai kini namanya kian bersinar sebagai ahli eksekusi tendangan luar kota penalti Madrid. Namun musim ini tugas Ronaldo sedikit lebih ringan, lantaran El Real juga punya eksekutor handal seperti Gareth Bale dan James Rodriguez. Aksi Rodriguez mengeksekusi tendangan bebas diperlihatkan saat Madrid melumat Real Betis 5-0 pada laga pekan kedua Liga Spanyol 2015-2016, akhir pekan kemarin. Meski begitu Bale dan Rodriguez masih harus membuktikan kualitasnya sebagai spesialis tendangan bebas Madrid.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4119 seconds (0.1#10.140)