Tak Hanya Kartu Kuning dan Merah, Kartu Hijau Juga Ada

Jum'at, 04 September 2015 - 18:05 WIB
Tak Hanya Kartu Kuning dan Merah, Kartu Hijau Juga Ada
Tak Hanya Kartu Kuning dan Merah, Kartu Hijau Juga Ada
A A A
MILAN - Setelah berbagai terobosan digunakan untuk bisa meminimalisir segala bentuk kesalahan di lapangan hijau, kini federasi sepak bola Italia justru membuat sebuah terobosan yang sangat berbeda. Federasi sepak bola negeri pizza ini kabarnya berencana untuk menggunakan kartu hijau dalam kompetisi Serie B yang merupakan kompetisi kasta kedua di Italia.

Tidak seperti kartu kuning dan kartu merah yang ditujukan sebagai sanksi kepada pemain, kart hijau justru memiliki kegunaan sebaliknya. Menurut salah satu media asal Italia, La Stampa, kartu hijau akan digunakan sebagai bentuk pujian kepada pemain karena telah melakukan sebuah hal terpuji di atas lapangan.

Hal tersebut kabarnya akan mulai diterapkan Italia untuk mengembalikan semangat olahraga yang mulai hilang di sepak bola. Pasalnya, semua kebijakan yang terus ditambahkan, seakan makin membuat pertandingan sepak bola layaknya sebua medan perang.

Contoh penggunaan kartu hijau adalah ketika salah satu pemain secara sukarela membuang bola keluar lapangan disaat ada pemain lain yang terkena cedera. Tindakan ini dianggap sebagai sebuah tindakan mulia yang pantas untuk diberikan sebuah penghargaan.

Namun sayangnya, belum jelas kapan kartu hijau ini akan digunakan. Dengan diterapkannya kartu hijau di kompetisi Serie B, diharapkan memudahkan FIFA dalam penerapan fair play di sepak bola.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2867 seconds (0.1#10.140)