Nyesek Gol Set-piece Mitra Kukar, Djanur Warning Skuat Persib Bandung

Rabu, 07 Oktober 2015 - 17:16 WIB
Nyesek Gol Set-piece Mitra Kukar, Djanur Warning Skuat Persib Bandung
Nyesek Gol Set-piece Mitra Kukar, Djanur Warning Skuat Persib Bandung
A A A
BANDUNG - Apa reaksi Djadjang Nurdjaman ketika Persib Bandung ditekuk Mitra Kukar 0-1 di leg pertama semifinal, Minggu (4/10)? Nyesek. Itulah kata pertama yang diungkapkan Djanur setelah timnya dipermalukan oleh gol Carlos Raul Sciucatti di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Rasa nyesek yang dirasakan Djanur setelah gol Carlos membobol gawang I Made Wirawan pada 7 menit sebelum laga usai. Akibat kesalahan pemainnya, tim berjuluk Naga Mekes tersebut mampu menciptakan gol melalui set-piece yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Padahal sebelum keberangkatannya ke Tenggarong, pelatih berdarah Sunda ini sudah melakukan antisipasi terutama dalam menghadapi set-piece dari lawan.

"Kalau kalian lihat dalam latihan, saya lakukan antisipasi persis seperti yang terjadi ke gawang kita. Saya bahkan lakukan tendang bola sendiri. Berkali kali nendang, bagaimana cara antisipasinya kalau ada yang nendang dari sini dan dari situ. Dilatih dan itu persis yang keluar dan menjadikan gol ke gawang kita. Itu situasi yang kita sudah prediksi, dan akhirnya terjadi. Itu yang membuat saya nyesek,"ungkap Djanur, saat ditemui di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (7/10).

Djanur menilai faktor kedisiplinan dan konsentrasi yang mulai menurun menjadi salah satu alasannya. Sehingga lawan pun mampu memanfaatkannya dengan baik. Karena itu, Djanur me-warning skuat Persib Bandung agar tidak membuat kesalahan serupa di leg kedua di Bandung.

"Mungkin juga karena konsentrasi sama disiplin pemain yang berkurang. Dan terutama nyeseknya melakukan pelanggaran disitu, seharusnya gak perlu, menghindar atau bisa juga dibayang-bayangi saja selesai,"sambungnya.

Untuk itu, Djanur berharap di pertemuan kedua yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (10/10) nanti, kesalahan serupa tidak boleh terulang.

"Dan saya optimistis kita bisa mengalahkan Mitra Kukar di pertemuan kedua nanti. Karena kita tahu Mitra Kukar yang belum begitu banyak menciptakan gol. Hanya baru 5 gol, 3 atau 4 di antaranya melalui set-piece. Segi open play bukan mengecilkan hati, tapi mereka tidak terlalu membahayakan," katanya

"Tinggal waspada dengan itu, antisipasi itu. Terutama harus lebih greget. Memberikan tekanan ke gawang mereka," tambahnya.

Rasa kepercayaan diri yang dirasakan Djanur pun semakin bertambah setelah dua pemain bertahan Mitra Kukar yakni Zulkifli Syukur dan Abdul Gamal terkena akumulasi kartu kuning.

"Sedangkan di tim kita bisa dikatakan kumplit. Lima pemain yang sebelumnya terkena akumulasi sudah bisa main. Kalau Ridwan memang masih belum (pulih).Tentu, saya juga bisa banyak melakukan pergantian pemain. Tidak seperti kemarin, pergantian pemain kita terbatas. Belum lagi saat itu Tantan dan Yandi cedera. Tekanan ke pertahanan lawan semakin berkurang," tegasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5964 seconds (0.1#10.140)