Resmi, Presiden FIFA dan UEFA Diasingkan dari Dunia Sepak Bola

Kamis, 08 Oktober 2015 - 19:12 WIB
Resmi, Presiden FIFA dan UEFA Diasingkan dari Dunia Sepak Bola
Resmi, Presiden FIFA dan UEFA Diasingkan dari Dunia Sepak Bola
A A A
ZURICH - Asosiasi sepak bola tertinggi dunia, FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi kepada presiden mereka, Sepp Blatter dan mengasingkannya dari dunia sepak bola selama 90 hari kedepan. Selain Blatter, komite etik FIFA juga menjatuhkan sanksi yang sama kepada Presiden UEFA, Michel Platini terkait suap yang diterimanya semasa masih menjabat sebagai penasihat teknis selama kurun waktu 1999 hingga 2012.

Baik Blatter dan Platini dinyatakan bersalah komitek etik FIFA lantaran melakukan praktek suap. Blatter diduga melakukan pembayaran kepada Platini sebesar 1,35 juta pounds atau sekitar Rp28 miliar pada tahun 2011.

Blatter juga menghadapi proses pidana oleh Jaksa Agung Swiss atas kasus korupsi dan dugaan penyalahgunaan atas kesepakatan hak siar televisi Piala Dunia. Kasus itu menyangkut pula Presiden Asosiasi Sepak Bola Karibia sekaligus mantan wakil presiden FIFA Jack Wagner pada 2005. Blatter dituduh melanggar tanggung jawab keuangan dan bertindak melawan kepentingan FIFA karena nilai hak siar versinya bernilai 20 kali di bawah harga sebenarnya.

Padahal hanya beberapa saat sebelumnya, Platini baru saja mengeluarkan statement yang menyatakan kalau dirinya merasa terhina dengan pemberitaan tersebut. Platini menganggap ada yang sengaja ingin merusak nama baiknya dengan menyebar berita yang belum pasti ke media masa.

'Diberitakan semalam bahwa dalam infestigasi yang dilakukan oleh komite etik FIFA, saya akan dijatuhi sanksi selama 90 hari (untuk tidak terlibat dalam semua kegiatan sepak bola). Ini jelas sebuah masalah yang sangat serius,'' ungkap Platini seperti dilansir Independent. (Baca juga: Masa Depan Blatter dan Platini Gelap)

''Lebih parahnya informasi ini seakan datang dari sumber resmi FIFA. Meskipun faktanya, komite etik yang bekerja dengan independen belum mengeluarkan keputusan apapun,'' sambungnya. (Baca juga: Dari Valcke hingga Bin Hammam: Ini Korban Bersih-Bersih FIFA)
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5157 seconds (0.1#10.140)