Prestasi Syabda Perkasa Belawa, Pahlawan Indonesia di Piala Thomas 2022

Senin, 20 Maret 2023 - 14:16 WIB
loading...
Prestasi Syabda Perkasa Belawa, Pahlawan Indonesia di Piala Thomas 2022
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Syabda Perkasa Belawa. Foto: PBSI
A A A
JAKARTA - Pebulu tangkis muda Indonesia, Syabda Perkasa Belawa , meninggal dunia pada Senin (20/3/2023) karena mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan menuju Sragen, Jawa Tengah. Sederet prestasi telah ia torehkan untuk Indonesia di panggung bulu tangkis dunia.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berduka atas kepergian Syabda. Melalui unggahan di Instagram dan Twitter, PBSI menyebut Syabda sebagai penerus tongkat estafet dari para seniornya seperti Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito.



Sebelum meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa telah mencatatkan prestasi di berbagai turnamen bulu tangkis bergengsi, termasuk tiga gelar BWF International Challenge. Pada tahun 2022, dirinya keluar sebagai juara Lithuania International setelah mengalahkan rekannya, Alwi Farhan, dan menjadi kampiun setelah menumbangkan putra China, Lei Lanxi.

Pada tahun 2023, Syabda Perkasa Belawa juga menjadi juara pada ajang Iran Fajr International 2023 setelah mengalahkan wakil Malaysia, Justin Hoh. Selain itu, Syabda Perkasa Belawa juga pernah bergabung dengan skuad Piala Thomas 2022, di mana ia berhasil menumbangkan Lee Yun-Gyu wakil dari Korea Selatan dan membantu timnya lolos ke perempatfinal.

Selain itu dirinya juga sempat menjadi pahlawan Indonesia saat turun di laga kelima kontra Korea Selatan di matchday pamungkas Grup A Piala Thomas 2022.

Pada pertandingan itu, Syabda Perkasa Belawa turun dan mengalami skor yang sama kuatnya 2-2. Namun dengan pola permainan yang matang, dirinya berhasil menumbangkan Lee Yun-Gyu wakil dari Korea Selatan itu dengan skor 21-14, 11-21 dan 21-16.

Dari pertandingan tersebut, Prestasi Syabda Perkasa Belawa bertambah karena berhasil menumbangkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Dengan hasil pertandingan itu, Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Thomas 2022 sebagai status juara grup.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)