Waspada Penyakit Batu Ginjal, Kenali Gejala dan Penyebabnya Lewat Edukasi Kesehatan

Senin, 20 Maret 2023 - 14:29 WIB
loading...
Waspada Penyakit Batu Ginjal, Kenali Gejala dan Penyebabnya Lewat Edukasi Kesehatan
Batu ginjal terjadi ketika urine memiliki konsentrasi mineral dan zat lain yang tinggi seperti kalsium, oksalat, dan asam urat untuk membuat kristal. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Batu ginjal terjadi ketika urine memiliki konsentrasi mineral dan zat lain yang tinggi seperti kalsium, oksalat, dan asam urat untuk membuat kristal. Kristal saling menempel untuk membuat satu atau lebih batu.

Batu terjadi ketika urine tidak memiliki cukup cairan dan zat lain untuk mencegahnya terjadi. Batu ginjal bisa sekecil butiran pasir, dan Anda bisa mengalaminya tanpa pernah menyadarinya.

Dilansir dari Webmd, Senin (20/3/2023) tapi batu yang lebih besar bisa menghalangi aliran urine dan menyebabkan rasa sakit. Beberapa orang mengatakan rasa sakitnya bisa lebih buruk daripada melahirkan.

Ketika batu ginjal bergerak melalui saluran kemih, dapat menyebabkan gejala seperti sakit parah di punggung, perut, atau selangkangan, buang air kecil yang sering atau menyakitkan, darah dalam urine, mual dan muntah.



Berbagai hal dapat menyebabkan batu ginjal, termasuk makan dan obat-obatan tertentu. Jika keluarga memiliki riwayat batu ginjal, kemungkinan besar Anda akan mengalaminya. Selain itu, kekurangan air juga bisa menjadi penyebab batu ginjal.

Anda perlu membuat urine yang cukup untuk mengencerkan benda-benda yang bisa berubah menjadi batu. Jika Anda kurang minum atau terlalu banyak berkeringat, urine akan berwarna gelap yang seharusnya warna kuning pucat atau bening.

Selain itu, seseorang yang mengalami obesitas hampir dua kali lebih mungkin terkena batu ginjal. Banyak penyakit yang dapat berperan dalam pembentukan satu atau lebih jenis batu ginjal seperti diabetes tipe 2, asam urat hingga sindrom metabolik.

Mereka yang berprofesi sebagai driver, pekerja kantoran, orang yang ada berada di wilayah zat kapur tinggi, orang yang jarang minum air putih dan orang yang banyak minum soda juga berisiko tinggi mengalami batu ginjal.



Karena itu, penting untuk mencegah penyakit ini sebelum kualitas hidup menurun. Menyadari hal tersebut, PT Kimia Farma, Tbk melalui Batugin menggelar edukasi kesehatan ginjal bersama 1.000 driver dalam rangka Hari Ginjal Sedunia yang jatuh diperingati setiap 10 Maret.

“Kami mendukung kesehatan driver-driver di Indonesia dalam menjaga kesehatan ginjalnya dengan memberikan edukasi kesehatan ginjal. Kami juga berkolaborasi dengan anak perusahaan kami seperti PT Kimia Farma Apotek dan cek kesehatan driver secara gratis dari Kimia Farma Laboratorium,” kata GM Marketing & Sales Produk Non Farma PT Kimia Farma Tbk Eka Puji Rachmadi baru-baru ini.

Edukasi kesehatan ini pun berhasil memecahkan rekor MURI. "Event ini merupakan salah satu tekad PT Kimia Farma Tbk untuk melaksanakan sinergi tanpa batas dari seluruh Insan Kimia Farma kepada masyarakat di Indonesia dan memberikan edukasi kesehatan tentang batu ginjal, terutama kepada driver-driver agar tetap sehat," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)