Yandri Pitoy Atau Thomas Ryan Siapa Pantas Kawal Surabaya United?

Senin, 23 November 2015 - 17:33 WIB
Yandri Pitoy Atau Thomas Ryan Siapa Pantas Kawal Surabaya United?
Yandri Pitoy Atau Thomas Ryan Siapa Pantas Kawal Surabaya United?
A A A
SIDOARJO - Performa gemilang Thomas Ryan Bayu saat Surabaya United mengalahkan Persib Bandung, 1-0, Sabtu (21/11) malam membuka jalan menjadi kiper utama. Namun, Thomas harus menyingkirkan Yandri Pitoy yang selama ini menjadi kiper utama.

Thomas menjadi salah satu kunci kemenangan Surabaya United atas Persib1-0 dalam babak penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirman di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tercatat, empat penyelamatan penting dibuat kiper berusia 24 tahun itu. Salah satunya, menepis sundulan striker Persib Ilija Spasojević.

Dalam laga melawan Persib, Thomas diturunkan sebagai kiper utama menggantikan posisi Yandri Pitoy yang sempat membuat blunder di laga pertama ketika Surabaya United ditekuk PS TNI, 1-2. "Saya hanya berusaha tampil sebaik mungkin dan berusaha tidak membuat kesalahan,"ujar Thomas.

Tidak menutup kemungkinan Thomas akan menjadi kiper utama di dua laga sisa melawan Pusam Borneo FC Dan Persela Lamongan. "Tergantung keputusan pelatih yang pastinya lebih tahu kapan saya tampil atau tidak. Yang pasti saya harus siap kalau diturunkan lagi,''ucapnya.

Nama Thomas Rian Bayu sebenarnya tidak asing lagi. Saat masih bernama Persebaya, di pentas Divisi Utama, Thomas merupakan kiper utama. Namun cedera punggung mengantamnya sehingga kehilangan posisinya di pemain inti. Ketika berhasil menembus ISL, Thomas yang sempat dipanggil Timnas itu menjadi salah satu pemain yang dipertahankan.

Namun, posisinya selalu menjadi penjaga gawang cadangan karena sosok kiper Yandri Pitoy sulit digantikan. Apalagi, Pitoy juga menyandang ban kapten. "Semua pemain tampil luar biasa, termasuk Thomas. Dia cukup tenang meski pertandigan sangat penting dan disaksikan ribuan penonton. Kita lihat lagi ke depan, apa perlu rotasi kiper atau tidak. Yang penting, kita banyak pilihan di semua posisi termasuk penjaga gawang, " ujar Pelatih Surabaya United, Ibnu Grahan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3707 seconds (0.1#10.140)