10 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot, Pahami Supaya Kembali Lancar

Selasa, 04 April 2023 - 16:25 WIB
loading...
10 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot, Pahami Supaya Kembali Lancar
Terdapat sejumlah cara mengatasi HP Oppo lemot yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah cara mengatasi HP Oppo lemot yang bisa diketahui. Dengan memahaminya, pengguna tidak perlu khawatir mengalami performa smartphone yang kurang maksimal.

Masalah lemot dalam HP ini memang sangatlah mengganggu proses penggunaan, dimana seseorang yang menginginkan informasi atau proses cepat harus terhambat karena masalah ini.

Lemot atau lambatnya HP ini umumnya dipengaruhi oleh faktor usia smartphone. Karena semakin kesini perkembangan sistem akan semakin kompleks dan membuat HP jadul tidak dapat mengimbanginya.


Cara Mengatasi HP Oppo Lemot

Berikut 10 cara mengatasi HP Oppo lemot, mulai dari restart HP sampai melakukan factory reset.

1. Restart

Salah satu cara termudah untuk mengobati HP Oppo yang lemot adalah dengan restart HP. Karena smartphone yang digunakan selama seharian penuh tanpa henti biasanya akan mengalami error atau bug.

2. Menutup Aplikasi yang Tak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka kapasitas RAM yang tersedia di HP Oppo menipis. Terlebih bagi pengguna yang punya kapasitas RAM kecil tentulah akan semakin mudah lemot.

Karena itu, untuk meminimalisir penggunaan RAM perlu dilakukan penutupan untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone.

3. Pindahkan File

Memory penuh juga jadi salah satu penyebab lemotnya HP Oppo. Ketika penyimpanan hampir penuh, sebaiknya pengguna mulai memindahkan file-file penting berupa foto, video, atau dokumen ke perangkat lain, seperti laptop atau pc.

4. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Biasanya akan ada aplikasi di HP yang tidak pernah terpakai atau jarang dipakai. Untuk memperlancar memory, sebaiknya aplikasi yang sudah mulai tak digunakan tersebut dihapus agar HP lancar kembali.


5. Menghapus Cache

Cache atau file sampah menjadi penghambat lancarnya sistem. Karena itu, pengguna musti rajin menghapus file ini di pengaturan supaya HP Oppo selalu dalam kondisi terbaik.

6. Mengaktifkan RAM Expansion

Bagi pemilik HP Oppo yang telah tersemat fitur RAM Expansion, yaitu menambah kapasitas RAM menggunakan memory internal. Peningkatan kapasitas dibarengi dengan performa ini akan sangat membantu ketika HP sudah semakin lemot.

7. Membersihkan Virus dan Malware

Hal ini umumnya berlaku bagi yang memasang aplikasi di luar Google Play Store. Karena beberapa website tidak bertanggung jawab memiliki beberapa virus atau malware yang dapat menyusup dalam sistem.

Sebab itulah para pengguna perlu rajin melakukan pembersihan virus dan malware secara teratur, seperti seminggu sekali paling tidak.

8. Cukup Gunakan Satu Antivirus

Untuk menghapus virus, tidak perlu banyak menggunakan aplikasi antivirus. Gunakanlah aplikasi yang berbayar, lantaran memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang yang gratis.

9. Factory Reset

Bila seluruh cara di atas masih tidak dapat memperbaiki HP Oppo lemot, maka lakukanlah factory reset yang bisa mengembalikan HP ke setelan pabrik dan seperti baru.

Namun, seluruh file yang ada di dalam HP akan terhapus. Jadi sebelum melakukan langkah ini, pindahkanlah terlebih dahulu file-file penting ke perangkat lain.

10. Mengunjungi Oppo Service Center

Jika Factory Reset masih gagal, maka kunjungilah Oppo Service Center terdekat supaya bisa ditangani oleh staf ahli.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9856 seconds (0.1#10.140)