Ilham Udin Antar Surabaya United Tekuk Pusamania

Senin, 30 November 2015 - 18:28 WIB
Ilham Udin Antar Surabaya United Tekuk Pusamania
Ilham Udin Antar Surabaya United Tekuk Pusamania
A A A
SURABAYA - Surabaya United meraup poin penuh seusai mengalahkan Pusamania Borneo FC (PBFC) 3-1 pada laga pemungkas Grup C Piala Jenderal Sudirman 2015 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (30/11/2015). Mantan penyerang timnas U-19 Ilham Udin Armayn menjadi bintang kemenangan Surabaya United.

Surabaya United sempat tertinggal oleh gol Sultan Samma pada menit ke-16. Memanfaatkan umpan terukur Terens Puhiri, Samma menyelesaikannya dengan sempurna. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Pelatih Surabaya United Ibnu Grahan menginstruksikan timnya untuk tampil lebih agresif. Tak butuh waktu lama, Ilham Udin membuat kedudukan 1-1 pada menit ke-46. memanfaatkan rebound sundulan Evan Dimas yang menghajar tiang gawang, Ilham sukses mengecoh M Juni Irawan.

Pada menit ke-54, Ilham membalikkan keadaan dan membawa Surabaya United unggul 2-1. Lepas dari kawalan pemain PBFC, pemain kelahiran Ternate, Maluku Utara, 10 Mei 1996, itu mengemas gol keduanya. Ilham nyaris mencetak hat-trick pada menit ke-88, namun tendangannya berhasil ditepis Juni. Sundulan Thiago Furtuoso memastikan kemenangan Surabaya United 3-1 pada menit ke-86.

Prosentase penguasaan bola dimenangkan Surabaya dengan 58% berbanding 42%. Tembakan ke gawang juga unggul banyak, dengan 13 kali percobaan dan 10 mencapai target. Bandingkan dengan PBFC yang hanya melepasakan enam tembakan ke gawang Jandry Pitoy dan hanya tiga yang mengarah ke target.

Surabaya United memuncaki klasemen sementara Grup C dengan sembilan poin. Namun, posisi itu masih dapat digeser PS TNI yang akan melakoni laga pemungkas menghadapi Persib Bandung, Senin (30/11/2015) pukul 19.30 WIB di tempat yang sama. PS TNI mengemas delapan angka sedangkan Persib Bandung di peringkat 4 dengan tiga poin.

PBFC di peringkat 3 dengan 7 angka. Tiga tim di grup ini, yakni Surabaya United, PS TNI, dan PBFC memastikan babak peremapt final atau 8 besar yang digelar 12-20 Desember 2015.

Susunan Pemain
Pusamania Borneo FC: M Juni Irawan, Rizki Pora, Hamka Hamzah, Djayusman Triasdi, Diego Michiels, Ponaryo Astaman, Ade Jantra, Terens Puhiri, Sultan Samma, Arphani, Herman Dzumafo

Surabaya United: Jandry Pitoy, M Fatchu Rochman, Otavio Dutra, Sahrul Gunawan, I Putu Gede, Ilham Udin Armaiyn, Zulfiandi, Evan Dimas, Siswanto, Fandi Eko Utomo, Pedro Javier
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5233 seconds (0.1#10.140)