Irman Gusman Bersyukur Pilkada Serentak Berjalan Baik

Jum'at, 11 Desember 2015 - 08:45 WIB
Irman Gusman Bersyukur Pilkada Serentak Berjalan Baik
Irman Gusman Bersyukur Pilkada Serentak Berjalan Baik
A A A
BANDUNG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menyatakan pilkada serentak yang baru saja digelar berjalan dengan baik. Ia pun menyampaikan apresiasinya.

"Kemarin saya dapat laporan banyak dari para anggota DPD yang ada di seluruh daerah untuk melakukan pemantaian. Alhamdulillah dari laporan yang berkembang, pilkada yang sangat penting ini bisa berjalan dengan baik," ujar Irman seusai menghadiri Festival Antikorupsi 2015 di Sasana Budaya Ganesha, Kota Bandung.

Pilkada serentak di berbagai daerah, menurutnya, berjalan aman, damai, dan yang terpenting adalah bebas konflik. Itu tak luput dari peran masyarakat.

"Ini sebuah apresiasi yang harus diberikan kepada rakyat Indonesia yang sudah semakin matang dalam berdemokrasi," ungkapnya.

Dia menambahkan, kematangan dalam berdemokrasi itu jadi modal untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan berlangsung pada 2017 dan 2018, serta Pemilu 2019.

Irman pun mengajak semua pihak untuk mengawal hasil pilkada serentak. Sehingga, diharapkan hingga pelantikan para calon terpilih sebagai kepala daerah nanti, tidak ada masalah apa pun.

Soal partisipasi publik, ia berharap mereka yang menggunakan hak pilihnya dalam pilkada berjumlah banyak. "Mudah-mudahan partisipasi publik bisa di atas 60 persen. Bagaimanapun partisipasi publik itu juga penting," tuturnya.

Disinggung berapa nilai pelaksanaan pilkada serentak yang baru berlangsung jika menggunakan angka satu sampai 10, ia memberi nilai tinggi. "Sampai hari ini ya, saya bisa kasih angka delapan," tandas Irman.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6258 seconds (0.1#10.140)