Empat Unit Perekam e-KTP di Ciamis Digondol Maling

Jum'at, 11 Desember 2015 - 15:23 WIB
Empat Unit Perekam e-KTP di Ciamis Digondol Maling
Empat Unit Perekam e-KTP di Ciamis Digondol Maling
A A A
CIAMIS - Pelayanan perekaman dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di empat Kecamatan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terganggu lantaran empat unit alat perekam e-KTP hilang digondol maling.

Hilangnya alat perekam sidik jari dan retina mata itu terjadi secara beruntun, dimulai dari Kecamatan Sindangkasih Bulan, lalu disusul Kecamatan Panjalu, Kecamatan Kawali, dan Kecamatan Cimaragas.

"Dari kejadian ini, mungkin pelakunya merupakan sindikat atau spesialis pencurian perekam KTP elektronik yang sudah profesional. Di empat tempat itu ciri-cirinya hampir sama. Cara pencurian dilakukan dengan rapi tidak merusak unit itu tapi langsung melepas beberapa konektornya," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Adang Darajat saat ditemui di kantornya, Jumat (11/12/2015).

Lebih lanjut Adang mengatakan, kasus pencurian alat perekam e-KTP tidak hanya terjadi di Kabupaten Ciamis, tetapi juga di wilayah Kabupaten Kuningan sebanyak empat kecamatan, di Kabupaten Majalengka sebanyak dua kecamatan, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Kata dia, kejadian tersebut sudah dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri supaya segera mendapat penggantian agar pelayanan perekaman kembali normal.

"Sementara pelayanan perekaman dilakukan dari kecamatan terdekat. Saya sudah memberikan edaran kepada para kepala desa, jadi masyarakat bisa merekam di kecamatan yang terdekat dengan rumahnya, misalnya di Sindangkasih hilang, perekaman bisa dilakukan di Kecamatan Cikoneng atau Cihaurbeuti, atau bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil," jelasnya.

Adang mengimbau kepada para petugas di kecamatan yang lainnya untuk menjaga kantornya dengan aman, supaya kasus pencurian tersebut tidak terjadi lagi.

PILIHAN:
Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp3 M Disita Petugas
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7274 seconds (0.1#10.140)