Tenaga Kerja Bongkar Muat Tagih Janji Sertifikasi

Jum'at, 01 Januari 2016 - 14:37 WIB
Tenaga Kerja Bongkar Muat Tagih Janji Sertifikasi
Tenaga Kerja Bongkar Muat Tagih Janji Sertifikasi
A A A
JAKARTA - Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) menagih janji Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan yang diklaim pernah menyatakan bakal mengadakan pelatihan dan sertifikasi kepada buruh pelabuhan. Menurut Ketua Forum Komunikasi Koperasi TKBM Se-Tanah Papua Samuel Korwa pelatihan sangat penting demi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Selain bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan juga sekaligus untuk melindungi mereka menghadapi keterbukaan MEA yang mulai berlaku tahun ini," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/1/2016).

Dia menambahkan Menhub Jonan pernah berjanji untuk meningkatkan kemampuan para buruh di seluruh pelabuhan lewat pelatihan yang dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. "Kami para buruh pernah dijanjikan oleh Jonan bakal diberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang dianggarkan dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)," sambungnya.

"Janji tersebut masih ditunggu hingga saat ini. Jujur kami nyatakan jika hanya mengandalkan pendidikan dan latihan mandiri dari koperasi-koperasi TKBM terhadap semua buruh pelabuhan adalah hal yang mustahil. Tidak mungkin. Mengingat dana yang dibutuhkan sangat besar sementara alokasi dana pendidikan pada KM 35 sangat kecil," ungkapnya.

Meski begitu TKBM Se-Tanah Papua mengaku mengapresiasi kinerja Menhub Ignasius Jonan selama ini. "Kami buruh pelabuhan di wilayah Timur Indonesia dan khususnya Papua sangat berharap Jonan tetap bertahan karena masih banyak PR yang harus diurusnya," tandasnya.

Sebagai informasi total ada 7.000 orang buruh pelabuhan yang berkegiatan pada 18 pelabuhan di seluruh Papua.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4073 seconds (0.1#10.140)