MNCTV Futsal Menuju Laga Dunia

Jum'at, 15 Januari 2016 - 16:04 WIB
MNCTV Futsal Menuju Laga Dunia
MNCTV Futsal Menuju Laga Dunia
A A A
JAKARTA - Futsal semakin digandrungi masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia. Perkembangan itu harus diimbangi dengan adanya wadah dan sarana untuk mengasah kemampuan para pemain agar selanjutnya dapat membawa nama baik Indonesia di kancah dunia.

Pada kesempatan ini MNCTV sebagai stasiun televisi yang peduli tentang olahraga futsal akan menayangkan serangkaian pertandingan futsal mulai Januari hingga Oktober 2016. Ini sesuai dengan semangat CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (HT). Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) mempunyai harapan besar agar Tim Nasional Futsal Indonesia bisa berkembang dan meningkatkan prestasinya samapi ke level internasional serta menembus Piala Dunia 2020.

General Manajer Programming Head MNCTV, Hari Hermawan menyadari bahwa futsal sudah semakin berkembang. Karenanya MNCTV turut mengembangkan olahraga ini agar bisa dikenal di kancah internasional. " Beberapa kompetisi futsal yang ditayangkan di MNCTV 2016 diantaranya adalah Blend Futsal Nusantara, Indonesian Futsal League, Road To PON XIX dan turnamen futsal U-19 serta U-16," ungkap Hari, dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta.

Dengan menayangkan berbagai ajang futsal hampir sepanjang 2016, MNCTV berharap dapat semakin dekat dengan pemirsa, sehingga mampu memperkuat posisi di MNCTV sebagai televisi keluarga Indonesia. Salah satu bentuk keseriusan MNCTV dan FFI adalah dengan menggelar turnamen futsal yang saat ini sudah berlangsung di Yogyakarta, 15-17 Januari 2016 dengan tema Blend Futsal Nusantara.

Penyelenggaraan berbagai event futsal di tanah air bertujuan agar Indonesia memiliki tim nasional yang dapat mengikuti Piala Dunia 2020. Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Umum FFI, Syafril Nasution. "Siapapun pelaku dan elemen dalam Futsal Indonesia hendaknya mengimplementasikan tekad tersebut."

Syafril menambahkan, tujuan menggelar turnamen ini untuk mengajak lapisan masyarakat agar lebih menyukai futsal. Namun demikian, ini bukan akhir dari rencana besar FFI. Sebab Piala Dunia 2020 adalah target besar yang ingin dicapai FFI.

"Memang untuk saat ini kami masih menunggu sanksi yang diturunkan FIFA kepada PSSI. Tapi kami tetap berpikir positif bahwa FIFA akan segera mencabut sanksi tersebut. Terlebih FFI sudah melakukan seleksi pelatih asing untuk tim nasional futsal Indonesia. Jika nantinya sanksi itu dicabut kami akan memberitahu siapa pelatih asing tersebut," beber Syafril.

Berikut detail dari masing-masing pertandingan

1. Blend Futsal Nusantara
Liga Futsal Nusantara akan berlangsung selama 3 hari, 15-17 Januari 2016 di GOR Amongprogo, Yogyakarta. Pertandingan ini dikhususkan untuk tim futsal putra dan putri yang masuk dalam kategori usia 23 tahun. MNCTV akan menyiarkan secara langsung babak semifinal, Sabtu 16 Januari pukul 12.45 WIB dan final, Minggu 17 Januari 2016 pukul 12.45 WIB.

Sebanyak delapan tim tampil di ajang ini. Adalah Planet Futsal, Sleman DIY, BJL 2000 Jateng, Tunas Muda Lampung, PSR Padang, Mataram FC NTB, PT APK Kaltim, WPK Sumsel, dan Blackstell Papua. Liga Futsal Nusantara ini merupakan bagian dari persiapan menjelang bergulirnya Indonesia Futsal League 2016, Februari mendatang.

2. Indonesia Futsal League
Pertandingan selanjutnya yang akan ditayangkan oleh MNCTV adalah Indonesian Futsal League 2016. Event ini berlangsung pada 6 Februari hingga 5 Juni 2016. Dengan pertandingan sebanyak 14 kali setiap Sabtu-Minggu dan ada enam kota yang bakal menampilkan pertandingan futsal. Makasar, Surabaya, Malang, Bandung, Bogor, Jakarta, dan Banten.

3. Road To PON XIX
Jelang diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX di Bandung, akan diadakan pertandigan yang diikuti oleh 12 tim Propinsi yang lolos PON. Pertandingan akan digelar tanggal 19-28 Agustus 2016 di GOR ITB, Jatinangor, Bandung, dengan jumlah pertandingan sebanyak 8 kali.

4. Turnamen Futsal U-19 dan U-16
Pertandingan yang ditunjukan untuk tim futsal putra dan putri kategori ini akan berlangsung pada 20-23 Oktober 2016 di GOR POPKI Cibubur dan GOR Ciracas, Jakarta Timur. Pertandingan itu sendiri akan berlangsung sebanyak 16 kali.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5795 seconds (0.1#10.140)