Amien Rais Beri Saran Cawapres Anies dari Indonesia Timur, Seperti Duet SBY-JK

Sabtu, 29 April 2023 - 21:21 WIB
loading...
Amien Rais Beri Saran Cawapres Anies dari Indonesia Timur, Seperti Duet SBY-JK
Ketua Majelis Syura Partai Ummat M Amien Rais menyarankan agar cawapres pendamping Anies Baswedan berasal dari Indonesia timur. Foto/Dok SINDOnews
A A A
SLEMAN - Ketua Majelis Syura Partai Ummat M Amien Rais menyarankan agar cawapres pendamping Anies Baswedan berasal dari Indonesia timur. Menurutnya, komposisi ini pernah terjadi saat Pilpres 2004 saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggandeng Jusuf Kalla (JK).

Menurut Amien, lumbung suara Anies pada Pilpres 2024 diprediksi ada di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera, dan Jawa Tengah. "Kalau Jawa Timur ini mungkin juga dapat, tapi tidak prioritas," ujar Amien di sela Rakerwil I Partai Ummat DIY di Sleman, DIY, Sabtu (29/4/2023).

Amien menyarankan agar cawapres Anies tokoh yang berasal dari Indonesia timur. Kondisi ini meniru apa yang terjadi pada zaman SBY. Kala itu SBY ketika meminta tokoh asal Sulawesi Selatan, Jusuf Kalla, sebagai wapres. Perhitungannya supaya Indonesia timur terwakili.



"Bahkan, kemudian pembangunan-pembangunan pun kemudian lebih banyak di barat daripada di timur. Nah mungkin ini salah satu pertimbangannya," saran Amien.

Jika tidak, lanjutnya, ketika ada tokoh gender yang dipandang relatif mumpuni itu juga sebuah pilihan yang bagus. Namun, dia menyarankan kepada Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS untuk berembuk perihal cawapres Anies.

https://www.youtube.com/shorts/1AnC4sMq0Vo

Mantan Ketua MPR RI ini mengatakan, Partai Ummat tidak mengajukan nama khusus karena baru lahir. Saat ini, kata Amien, Partai Ummat fokus untuk lolos parliamentary threshold 4 persen.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)