alexa snippet

Indonesia Soccer Championship 2016

ISC atau ISL, Bagi Klub yang Penting Liga Segera Digulirkan!

ISC atau ISL, Bagi Klub yang Penting Liga Segera Digulirkan!
Indonesia Soccer Championship (ISC) atau Indonesia Super League (ISL) bagi finalis Piala Gubernur Kaltim 2016, Madura United, terpenting liga segera bergulir/dok
A+ A-
SURABAYA - Klub-klub profesional Indonesia tak mempermasalahkan perubahan nama Indonesia Soccer Championship (ISC) menjadi Indonesia Super League (ISL) pada 2016 ini. Yang terpenting bagi klub, segera bergulir kembali liga atau kompetisi reguler yang setahun vakum seiring pembekuan PSSI.

Madura United (MU) FC yang merupakan klub baru dari Pulau Garam, menginginkan tahun ini juga sudah bisa digelar kompetisi reguler. Jika liga tidak secepatnya digelar, dikhawatirkan kondisi klub-klub akan semakin memburuk dalam pengelolaan tim ke depannya.

"Nama sama sekali bukan masalah, karena yang terpenting adalah kejelasan kompetisi. Dengan begitu pengelolaan akan berjalan pasti dan tidak tergantung adanya turnamen. Baik ISC atau ISL, yang jelas Madura United menginginkan kompetisi," kata Manager MU Haruna Soemitro.

Hal senada juga diungkapkan kubu Arema Cronus yang kini berjibaku di Piala Bhayangkara 2016. General Manager Ruddy Widodo juga tidak ambil pusing dengan nama kompetisi yang nantinya positif digulirkan. Apalagi format ISC atau ISL nyaris tak ada perbedaan.

"Rencananya kan ISC digelar formatnya serupa dengan ISL. Jadi antara keduanya tidak ada persoalan, tergantung mana yang bisa digelar. Kalau ISC yang dijalankan tidak masalah, kalau ISL ya oke saja. Bagi Arema yang terpenting ada liga, itu saja," cetus Ruddy Widodo.

Sejak kompetisi dihentikan, Arema menjadi klub Jawa Timur yang paling kenyang dengan turnamen baik dalam skala besar maupun kecil. Ketika klub-klub lain vakum pada 2015, Singo Edan masih terus berjalan dan sempat melakukan rasionalisasi gaji pemain.

Kondisi tersebut dianggap sudah melelahkan bagi manajemen. "Mungkin banyak pihak yang memandang Arema Cronus masih bagus karena bisa terus ikut turnamen. Tapi sebenarnya kami lelah dengan situasi ini dan sangat ingin ada kompetisi reguler," sambung Ruddy.

Dari Lamongan, Persela juga mempunyai suara sama. "Kompetisi mana yang disepakati klub, ya itulah yang sebaiknya cepat direalisasikan. ISC atau ISL sebenarnya hanya perbedaan nama. Bedanya mungkin ISL baru bisa digelar kali pembekuan PSSI dicabut," kata Yunan Achmady, Manager Persela.



(sha)
views: 19.615
loading gif
Top