Jelang Persib vs Arema, The Jakmania Jaga Sikap di Medsos

Sabtu, 02 April 2016 - 18:33 WIB
Jelang Persib vs Arema, The Jakmania Jaga Sikap di Medsos
Jelang Persib vs Arema, The Jakmania Jaga Sikap di Medsos
A A A
JAKARTA - The Jakmania (pendukung Persija Jakarta) dewasa menyikapi kehadiran Bobotoh dan Aremania ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Tidak seperti tahun sebelumnya, The Jakmania, kini terkesan dingin dan tak acuh menjelang final Piala Bhayangkara 2016 yang mempertemukan Persib Bandung vs Arema Cronus, Minggu (3/4/2016).

Tak ada kata-kata provokatif yang dikicaukan di akun Twitter milik anggota The Jakmania. Bahkan, pengelola akun resmi Twitter Jakmania (@JakmaniaOnTweet) mengimbau agar Jakmania di seluruh pelosok Indonesia bicara santun dan berhat-hati mengungkapkan sikap mereka di media sosial (medsos).

"Kawan-kawan, diharapkan berhati-hati dalam mengekspresikan bahasa dan rasa di sosial media ya #Sajete," demikian postingan Infokom Jakmania (‏@JakmaniaOnTweet), Jumat (1/4/2016).
Jelang Persib vs Arema, The Jakmania Jaga Sikap di Medsos

Tentu saja kicauan itu mendapat respons beragam dari para anggota The Jakmania. Namun, mayoritas mendukung terciptanya suasana kondusif. "Siap min,lebih dingin dan dewasa ya kalian semua The jak *maniaaaaaaaa," kicau Fajar Ahmad.

"@JakmaniaOnTweet #Sajete...Jangan sampai hajat besar kita gagal karena gara gara final," imbuh Jakmania asal Tanah Abang, Jakarta, Ahmad Jajuli (‏@zajulie25).

Jakmania di Kota Bogor pun mendukung imbauan tersebut dan meminta anggota Jakmania di Bogor untuk fokus pada pesta sepak bola Persija Jakarta, yang akan menggelar Trofeo Persija.
Jelang Persib vs Arema, The Jakmania Jaga Sikap di Medsos

Memang, sukses pergelaran final Piala Bhayangkara 2016 menjadi jaminan untuk penyelenggaraan Trofeo Persija yang rencananya digelar 9 April di SUGBK. Sebab, jika terjadi kericuhan, ajang tersebut terancam tidak dapat izin dari kepolisian.

Ketua Jakmania, Richard Achmad Supriyanto, pun sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk secara bersama menjaga suasan kondusif selama final Piala Bhayangkara 2016. (Baca juga: Final Piala Bhayangkara 2016: Polisi Minta Senayan Steril dari The Jakmania).

Jakmania sempat membuat sibuk pihak kepolisian Jakarta pada final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Persib Bandung kontra Sriwijaya FC. Mereka menolak kehadiran Bobotoh ke Jakarta yang membuat pihak keamanan menaikkan status Jakarta menjadi Siaga I pada 14 Oktober 2015. Pasca pertandingan, sebanyak 39 Jakmania diamankan pihak kepolisan termasuk Sekjen Jakmania.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5343 seconds (0.1#10.140)