Lionel Messi Berang Disebut Terlibat Skandal Panama Papers

Selasa, 05 April 2016 - 11:04 WIB
Lionel Messi Berang Disebut Terlibat Skandal Panama Papers
Lionel Messi Berang Disebut Terlibat Skandal Panama Papers
A A A
BARCELONA - Lionel Messi berang dengan isu yang menyebutkan dirinya mengemplang pajak di Panama usai bocornya dokumen firma hukum Mossack Fonseca. Lewat keterangan tertulis, pemain Barcelona membantah terlibat menggelapkan harta kekayaannya di sana.

Skandal yang terkenal dengan istilah Panama Papers, membongkar bagaimana Mossack Fonseca menyembunyikan informasi harta kekayaan dari para pesohor dunia. Mulai dari puluhan pemimpin negara, hingga selebritis disebut menggunakan jasa kerahasiaan Mossack Fonseca untuk mendirikan perusahaan di Panama yang tak lain untuk mengaburkan kewajibannya dari membayar pajak

Praktik kotor firma hukum di negara Surga Pajak itu terbongkar setelah organisasi wartawan global dunia, media Jerman SüddeutscheZeitung, dan 100 organisasi pers dunia melakukan investigasi. Dari sekian banyak orang penting, nama Messi masuk dalam daftar 11 juta dokumen yang bocor ke publik. Nama superstar Barcelona itu dihubungkan dengan skandal Panama Papers di tengah tuduhan penggelapan pajak yang ia lakukan bersama ayahnya, Jorge Messi.

Merasa gusar dengan kabar tersebut, pihak keluarga Messi langsung memberikan pernyataan klarifikasi. Mereka membantah Messi jadi bagian pelaku yang disebut menggunakan jasa firma hukum tersebut. (Baca Juga: Messi Lagi-Lagi Gelapkan Pajak)

"Menanggapi berita yang dirilis oleh berbagai media di mana Lionel Messi bertanggung jawab atas pembentukan sebuah perusahaan dengan tujuan modus baru penggelapan pajak, keluarga Messi menjelaskan Lionel Messi tidak melakukannya. Tuduhan telah menciptakan sebuah situs baru penipuan pajak dan bahkan pencucian uang adalah kabar palsu dan fitnah," tegas keluarga Messi dikutip Soccerway, Selasa (5/4/2016).

"Perusahaan yang mereka lihat di Panama tidak aktif dan tidak pernah punya dana atau rekening di bank. Itu adalah sebuah perusahaan yang dibuat mantan penasihat pajak Messi sebagai bagian dari struktur kerja sama mereka yang telah diklarifikasi,"

Tak hanya Messi, Barcelona juga buka suara menanggapi serangan yang menyerang pemain andalannya. Dalam situs resminya, Blaugrana menyatakan dukungan kepada Messi atas pernyataan bantahan mereka.

"Setelah klaim Leo Messi soal penciptaan struktur perusahaan dengan tujuan penipuan pajak, FC Barcelona menyatakan bahwa klub mendukung argumen yang keluarga Messi diterbitkan. Selanjutnya sejak Panama Papers menuduh Leo Messi, FC Barcelona telah mengirimkan dukungan kepada pemain dan seluruh keluarganya," jelas pernyataan klub.

Selain Messi, masih ada petinggi sepak bola lain yang juga disebut terlibat skandal Panama Papers. Mantan presiden UEFA Michel Platini disebut-sebut jadi salah satu pengguna jasa Mossack Fonseca.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5428 seconds (0.1#10.140)