5 Destinasi Wisata Bersejarah di Bogor, Bisa Jadi Referensi Liburan Edukatif

Senin, 22 Mei 2023 - 16:28 WIB
loading...
5 Destinasi Wisata Bersejarah di Bogor, Bisa Jadi Referensi Liburan Edukatif
Terdapat cukup banyak destinasi wisata bersejarah di Bogor yang perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak destinasi wisata bersejarah di Bogor yang perlu diketahui. Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor yang namanya sudah banyak didengar masyarakat umum.

Tempat wisata identiknya menjadi sarana liburan menghabiskan waktu luang bersama keluarga, teman, atau bahkan seorang diri. Bukan sekadar wisata biasa, sejumlah destinasi di Bogor ini menawarkan banyak pengetahuan sejarah yang tentunya bisa menambah ilmu, sembari menikmati waktu luang yang indah.


Destinasi Wisata Bersejarah di Bogor

1. Kebun Raya Bogor

Berbicara tentang wisata Bogor, destinasi satu ini tentu sudah banyak diketahui masyarakat. Memiliki catatan sejarah, Kebun Raya Bogor didirikan oleh Gubernur Jenderal Belanda, Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen pada 1817.

Memiliki luas sekitar 87 hektare, Kebun Raya Bogor banyak menyajikan suguhan wisata sejarah yang beragam. Jadi, tak hanya menikmati waktu luang sambil menikmati pohon rindang dan lahan hijau, pengunjung juga bisa mendapat pengalaman edukasi serta belajar banyak hal.

2. Museum PETA

Wisata bersejarah Bogor berikutnya adalah Museum PETA. Sekadar informasi, PETA ini adalah singkatan dari Pembela Tanah Air, pasukan bentukan Jepang saat menduduki Indonesia.

Sarat akan sejarah, pengunjung akan disuguhkan diorama yang menjelaskan kisah perjuangan bangsa Indonesia ketika melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. Terletak di Kecamatan Bogor Tengah, museum ini bisa menjadi pilihan wisata ketika berkunjung ke Bogor.


3. Jembatan Merah

Jembatan Merah di Bogor ini melintasi Sungai Cipakancilan dan sudah berdiri sejak tahun 1880-an. Menurut buku Catatan Sejarah Bogor karangan Alm Bapak Saleh Dasasminta, Cipakancilan dibuat oleh Kanjeng Aria Natanagara (seorang demang di Kampoeng Baroe) pada tahun 1776.

Dinamakan Jembatan Merah, awalnya berasal dari bahasa Belanda ‘Roode Brug’ karena pada saat itu jembatan ini dibangun dengan warna merah bata. Saat waktu libur atau hari besar, biasanya jembatan ini menjadi tempat rekreasi penduduk Bogor saat itu, terutama dari kalangan Belanda dan Eropa.

4. Prasasti Batu Tulis

Lokasi dari prasasti ini adalah Jalan Batu Tulis No.54, Bogor Selatan. Situs ini disebut sebagai peninggalan Kerajaan Padjadjaran dan diperkirakan dibuat tahun 1533 M.

Pada kompleks prasasti tersebut berada, terdapat juga peninggalan lain seperti Batu Tapak (bekas telapak kaki Prabu Surawisesa), meja batu bekas tempat sesajen pada setiap perayaan, batu bekas sandaran tahta bagi raja yang dilantik, dan lainnya.

5. Museum Perjuangan

Museum ini banyak menyimpan koleksi peninggalan para pejuang saat merebut kemerdekaan. Mengutip laman BPP Provinsi Jabar, Museum Perjuangan didirikan melalui musyawarah para tokoh Pejuang Karesidenan Bogor yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Depok.

Bangunan ini dulunya adalah milik seorang pengusaha Belanda bernama Wilhelm Gustaf Wissner. Dibangun tahun 1879, awalnya tempat tersebut digunakan sebagai gudang ekspor komoditas pertanian sebelum dikirim ke negara-negara di Eropa.

Itulah sejumlah tempat wisata bersejarah Bogor yang bisa dikunjungi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)